Selasa, 02 September 2014

Recycled #15 : Botol Plastik Kemasan Air Mineral

Posted by Nupinupi at 08.47
Reactions: 
4 comments Links to this post
Kreasi kali ini sangat simpel dan super mudah. Tidak ada jahitan sama sekali. Hanya main lem dan atau isolasi.

Bahannya cukup mudah di dapat, 2 botol bekas kemasan air mineral. Ini variasi dari kreasi botol-botol bekas kemarin. Dengan sedikit variasi sentuhan, hasilnya pun tampil beda.

Bahan :
1. Botol kemasan air mineral 2 buah
2. Resleting 7 inc
3. Double tape (isolasi bolak-balik)
4. Renda

Alat :
1. Gunting/Cutter
Udah.....




Dilihat sekilas saja sudah terlihat mudah ya?

1. Siapkan cutter atau pisau.



Potong botol plastik, untuk di ambil bagian badan yang datar.




2. Siapkan resleting. Saya memakai resleting 17 inc. Oh iya, sebelumnya...siapkan resleting dan renda yang warnanya serasi.
Tempelkan resleting pada mulut botol yang sudah di potong. Awalnya saya menempelkannya dengan lem uhu. Tapi keringnya lama. Kemudian mencoba memakai double tape. Ternyata lebih praktis dan efektif (: 
Jangan memakai lem tembak, plastiknya akan meleleh...coba saja.





3. Sisi satunya sudah menempel, ganti tempel resleting pada potongan botol kedua. Caranya sama...


4. ..... 90% selesai.






5. Tempelkan renda untuk mempercantik. Tempelkan memakai double tape juga, nggak pake ribet ^^
Berdasarkan pengalaman, double tape ini kuat menempel di kain (:




Tidak kalah menarik dengan kreasi botol tempat pensil kemarin kan? ^^ Kalau yang model ini, saya melihatnya lebih elegan. Dan, tetap cantik dan pantas untuk souvenir :)




Tutorial bonus ^^

Potongan botol tadi, masih bisa kita gunakan lhoo....



Cepet banget membuatnya, and no sew.... Cuma main lem.


1. Sisa potongan botol


Undangan bekas yang tebal sebagai alas...






Potong undangan bekas dengan ukuran sesuai kebutuhan.


Atur potongan-potongan botol di atas alas sesuai selera...





Lapisi alas dengan kain flanel/kain katun/kain apa saja...


Gunakan lem tembak untuk menempelkan flanel pada karton undangan






Siapkan aneka renda sebagai hiasan...


Hias sesuai selera...




Done! ^^

Dalam rangka ulang tahun Nupinupi ke-5 (bulan September), kami memberikan bonus dan promo belanja. Ketentuan sebagai berikut :
Belanja minimal Rp. 300.000, mendapat hadiah dompet cantik serbaguna
Belanja minimal Rp. 400.000 mendapat hadiah dompet zipper ketupat unyu
Belanja minimal Rp. 500.000 mendapat diskon 5%
Belanja minimal Rp. 1.000.000 mendapat clutchbag elegan (tas buat kondangan)
Belanja minimal Rp. 2.000.000 mendapat WHPO mercy
Silakan lihat di album promo  Paket Belajar Flanel


Kreasi minggu depan apa lagi yaa?... Bantu saya dengan memberi ide masukan, barang bekas apa lagi yang akan kita makeover ;)


Salam,





# Butuh bahan dan alat kerajinan seperti yang digunakan di tutorial-tutorial kami?  Silakan kunjungi Pages Paket Belajar Flanel. Buka-buka albumnya untuk melihat koleksi bahan dan alat kami. Mau order? Mudah. Tinggal pilih, mau inbox Facebook, kirim email, pesan singkat (sms), atau bbm (: Kami hanya online di jam kerja (08.00-16.00)
Ini kontak kami :
Fanspage : Paket Belajar Flanel
Email : nupi.felt@gmail.com
Sms (only) : 082 322 800 111
Bbm : 769BC26D




Selasa, 26 Agustus 2014

Recycled #14 : Tutup Galon

Posted by Nupinupi at 09.38
Reactions: 
12 comments Links to this post
Alhamdulillah.... Minggu ini bisa memposting tutorial sesuai jadwal (: Seperti janji saya kemarin, minggu ini kita akan bermain-main dengan tutup galon. Selama ini tutup galon selalu saya buang, tapi beberapa waktu yang lalu ada teman Nupinupi yang memberi masukan untuk membuat kreasi dari tutup galon. Lama baru terealisasi, soalnya susah dapet tutupnya. Selalu di buang oleh ibu saya (saya selalu lupa pesan ke ibu supaya tidak di buang). Hunting ke toko sembako temen, pasti tutup galonnya udah di rusak oleh pelanggan. Akhirnya, setelah berbulan-bulan...dapat 4 tutup galon, hahaha. Padahal ingin punya banyak, karena -serius-, kreasi ini membuat ketagihan. Cocok banget untuk gift, berasa barang mahal. Padahal super murah meriah dan mudah. Apa sih kreasi Nupinupi yang susaah ^^v

Nah... Yuk di mulai...

Bahan :
1. Tutup galon (minimal 2 pc)
2. Kain
3. Resleting 7 inc
4. Sedikit pita
5. Kait anjing (tidak harus)
6. Karton
7. Dakron/busa lapis

Alat :
1. Gunting, Cutter
2. Lem tembak
3. Penjepit
4. Jarum, benang jahit

Ini hasil transformasi tutup galonnya....


Dompet koin burger...

Proses pembuatannya mudah, tapi kalau belum paham...agak membingungkan/terlihat ribet. Jadi, saya uplod fotonya satu-satu, supaya lebih jelas. Simak baik-baik, kalau perlu di baca ulang jika belum paham (:

1. Siapkan minimal 2 tutup galon bekas. Potong/bersihkan sayap tutupnya. (Sayap?? Hahahaha, yang penting tahu maksudnya kan?!)



2. Siapkan kain dan resleting. Kalau bisa disesuaikan warnanya. Tapi kalau tidak bisa senada warnanya, tak masalah, seadanya dulu.
Sebelumnya, mari kita samakan persepsi dulu mengenai "depan" dan "belakang" resleting.  Jadi nanti...kalau saya menulis bagian depan rit atau bagian belakang rit, sudah paham ya...



3. Perhatikan! Ini cara mengukur panjang resletingnya. Setelah pas diameternya, jepit dahulu supaya tidak berubah diameternya.



4. Beri tanda -ujung ketemu ujung- resleting.


(Foto dadakan untuk memperjelas, harap maklum...agak gelap)
Jadi begini.... Maksud dari -ujung ke ujung- adalah sebagai berikut...

Tampak depan

Tampak atas
Ekor resleting

Posisi kepala resleting di tarik sejajar (atas-bawah) dengan ekor resleting
Penting! Kita bisa tahu di mana posisi kepala resleting yang disejajarkan dengan ekor-nya bagaimana? Kan sudah kita ukur diameternya di tutup galon, lalu menandainya dengan bolpoint. Tinggal kita tarik kepala resleting-nya, supaya sejajar dengan ekor resleting dibelakangnya kan...  Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini... Foto ini hanya mengulangi langkah no.4.

Buat tanda sejajar dengan ekor resleting
Tampak depan

5. Potong kelebihan resleting. Sisakan 1 cm dari tanda yang kita buat tadi.


Jahit kedua sisi agar menyatu...

Jahit di atas garis batas




6. Siapkan pita/kain (panjang sesuai selera). Pita ini berfungsi untuk cantelan... Lipat menjadi 2.




7. Letakkan di atas garis tanda/sisi yang kita jahit menyatu tadi... Jahit pita sejajar dengan garis tanda yang kita buat. Jahit tusuk apa? Tusuk apa saja yang dikuasai. Kalau saya, menggunakan tusuk tikam jejak.

Posisi pita di atas kepala rit
Sudah? Posisi pita di atas kepala resleting. Berarti resletingnya menghadap depan dan ditutupi oleh pita


8. Sekarang... Lipat menjadi 2 resleting-nya, dengan posisi terbalik (kepala rit di bagian dalam). Di foto ini tidak ada pita di atas kepala rseleting, abaikan... (harusnya ada, seperti langkah no.7)


Pas-kan letak ekor resleting di atas garis tanda yang di buat (langkah no.4)

Detail
Satukan kedua ujung resleting, dan jahit...

Setelah disatukan dan dijahit

9. Siapkan potongan kain, lebarnya seukuran lebar resleting. Panjang 2-3 cm.


10. Letakkan potongan kain tersebut di atas resleting yang baru saja kita jahit, dan jahit sesuai garis jahit sebelumnya. Harusnya tadi saya menjahitnya sekalian. jadi tidak perlu 2x jahit. Silakan perhatikan gambar-gambarnya supaya lebih paham.

Selesai di jahit

12. Balik kain yang kita jahit tadi. Balutkan pada sambungan resleting dan lipat. Fungsi kain ini untuk menutupi sambungan resleting yang kita jahit tadi. 

Terakhir, jepit lipatannya.

13. Jahit lipatannya supaya tidak terlepas lagi.


Jahit di sepanjang garis tanda panah

14. Balik lingkaran resleting

Hasilnya seperti ini...

15. Jahit jelujur sepanjang sisi resleting, dan serut. Jangan terlalu kuat di serut. Cukup terlihat sedikit berkerut saja.



Kedua sisi resleting sudah berkerut
Sisihkan dahulu resletingnya....


Lanjut ke badan dompet...

16. Buat pola lingkarang menggunakan karton bekas kemasan (atau apa saja)
Lingkaran A diameter 13 cm
Lingkaran B diameter 7.5 cm
Lingkaran C diameter 5.5 cm

Masing-masing diameter lingkaran ini nantinya bisa teman-teman rubah, sesuai dengan kenyamanan. Nanti kalau sudah proses membuat, teman-teman akan paham kenapa diameternya fleksibel/bisa di rubah.


17. Lingkaran A.
Jiplak di atas kain, buat sebanyak 2 buah.


18. Lingkaran B.
Sama seperti langkah no. 17. Buat sebanyak 2 buah.



19. Lingkaran C
Kalau ini, di jiplak di atas karton, bukan kain. Buat sebanyak 2 buah.


20. Nah, kita mulai dengan kain lingkaran A. Lingkaran A adalah kain pelapis luar tutup galon.
Jelujur sepanjang sisi kain, serut sedikit. Sebelum tutup galon kita masukkan, beri sedikiiiiit dakron supaya empuk. Atau, bisa juga kita lapisi busa lapis (Busa lapis bisa di beli di FB Paket Belajar Flanel). Baru masukkan tutup galon ke dalamnya. Serut jahitan.


Agar kainnya bisa menempel pada tutup galon, (masukkan) lem tembak melalui lubang serutan.

Buat 2 buah dengan cara yang sama.
Sabar.... Tutorial masih panjang. Silakan minum-minum dulu....

Lanjut....
21. Letakkan lingkaran resleting di atas salah satu tutup galon yang sudah di balut kain. Lakukan pengepasan. Jika di rasa lingkaran resletingnya terlalu kecil (kekecilan), buka jahitan jelujur pada sisi resletingnya supaya agak melebar. Atau, kalau mau sedikit ribet, boleh tidak di jelujur sisi-sisi reseltingnya.


22. Jahit lingkaran resleting pada kain pelapis tutup galon. Cara jahitnya bagaimana? Yah, silakan coba-coba sendiri. Yang penting kuat dan benangnya tidak terlihat. Saya juga menjahitnya acak-adul...cuma saya usahakan tidak terlihat, hehehe


23. Sebelum menjahit sisi satunya lagi, lakukan pengepasan karton pola lingkaran C. Dikatakan pas jika karton lingkaran tersebut bisa pas menutup bagian tengah lingkaran tutup galon dan menutup sisi resleting dengan sempurna. Kalau kita lihat kartonnya belum menutup sempurna, buat pola lingkaran C lagi, dengan diameter lebih besar dari ukuran diameter (lingkaran C) yang saya berikan. Pastinya teman-teman bisa memperkirakan, berapa mm tambahan yang diperlukan.



24. Kalau diameter lingkaran C sudah cocok, tinggal melakukan langkah terakhir. Balut karton lingkaran C dengan kain lingkaran B. Caranya, jahit jelujur dan serut kain lingkaran B. Buat 2 buah, seperti penjelasan saya di langkah no.19.




25. Lanjutkan menjahit sisi resleting satunya. Jangan khawatir jika setelah di jahit (dapat separuh lingkaran), ternyata kekecilan diameter lingkaran resletingnya. Tetap jahit sesuai jalur, sambil sedikit ditarik ketika menjahitnya. 2x saya membuat, 2x pula saya harus mengubah trik-nya supaya benar-benar pas. Dan sampai percobaan ke-2 juga belum pas, hehehehe. Tak masalah. Percobaan ke-3 berhasil dengan gemilang. Rahasianya, feeling. Kan sudah mencoba 2x, masak masih belum bisa merasa itu nanti pas atau tidak ^^


Selesai menjahit lingkaran resleting.

26. Numpang curcol ya... Tutorial ini benar-benar menguras energi. Menjelaskannya yang lumayan.... Lumayan membuat otak kering, hahahaha.

Langkah terakhir....benar-benar terakhir. Beri lem tembak (lem lilin) pada bagian dasar tutup galon. Tempelkan lingkaran karton C yang sudah dibalut kain.

Beri lem lilin

Tempelkan lingkaran C
Terlihat rapi kan? ^^

Alhamdulillah selesai....



Bisa di pasang kait anjing atau semacanya



Bagaimana tutorial kali ini? Lumayan susah? Aaah, enggak juga kok. Kalau sudah mencoba 1x, saya yakin teman-teman paham dan menyadari betapa mudahnya.

Saya tunggu pendapat dan masukan teman-teman ya.... Oh iya, terimakasih kepada teman Nupi yang dulu sudah memberi masukan bahan kreasi daur ulang tutup galon ini ^^d


Salam,



# Butuh bahan dan alat kerajinan?  Silakan kunjungi Pages Paket Belajar Flanel. Buka-buka albumnya untuk melihat koleksi bahan dan alat kami. Mau order? Mudah. Tinggal pilih, mau inbox Facebook, kirim email, pesan singkat (sms), atau bbm (: Kami hanya online di jam kerja (08.00-16.00)
Ini kontak kami :
Fanspage : Paket Belajar Flanel
Email : nupi.felt@gmail.com
Sms (only) : 082 322 800 111
Bbm : 769BC26D

Oh iya, kami sedang ada PROMO.
1. Promo Lebaran (ditutup tanggal 31 Agustus 2014). Buruan cek Album Promo Lebaran.
2. Promo hadiah dan diskon untuk minimal belanja tertentu (tidak termasuk ongkos kirim)
Belanja minimal Rp. 300.000, mendapat hadiah dompet cantik serbaguna
Belanja minimal Rp. 400.000 mendapat hadiah dompet zipper ketupat unyu
Belanja minimal Rp. 500.000 mendapat diskon 5%
Belanja minimal Rp. 1.000.000 mendapat clutchbag elegan (tas buat kondangan)


Kreasi minggu depan, Inshaallah....


Kumpulkan botol plastik lagi ya, butuh minimal 2 botol. Boleh menggunakan botol bekas kemasan air mineral (:
 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com