Jumat, 09 September 2011

YUK... MERUMUSKAN VISI MISI.

Posted by Nupinupi at 22.28
Reactions: 
Apa itu visi misi?
Seberapa pentingkah visi misi dalam memulai  sebuah usaha (skala kecil sekalipun)?
Sepertinya ini bahasan yang berat ya... ^^v

"Ah, usaha saya kan cuma jahit flanel, kecil-kecilan. Pake visi misi segala. Kaya perusahaan besar saja." (Tidakkah teman2 ingin suatu saat usahanya menjadi besar? Kecuali teman2 ingin perkembangan usahanya begitu-begitu saja)

"Usaha saya mah ngalir aja...gak perlu pake visi misi. Ada orderan sukuurr, kagak ada juga kagak apa-apa. Namanya juga sambilan." (no comment kalo yang ini,hehehe)

"Visi misi?? ini mau dagang apa bikin partai??" (hahahhahahaha....)

Kalau di minta menjelaskan secara ilmiah, apa itu visi misi...saya tidak bisa menjawab. Tapi kalau sesuai daya tangkap saya, secara sederhana, visi adalah tujuan jangka pendek. Sedangkan misi adalah tujuan jangka panjang/keseluruhan. 

Menurut saya, visi misi sangat penting. Visi misi ibarat peta penunjuk arah. Tanpa penunjuk arah juga bisa sampai ke tempat tujuan, tapi lama (nyasar-nyasar dulu). Kita akan ketinggalan teman-teman lain yang punya  penunjuk arah , atau bahkan berhenti di tengah jalan karena bosan/gagal/putus asa (nggak sampai-sampai sih).

Bagi pengusaha kecil seperti saya, justru saya merasa sangat membutuhkan rumusan visi misi, kenapa?
  1. Saya menjadi tahu, produk apa yang akan saya jual. Semakin fokus semakin baik. Memang, kadang-kadang saya ingin menjual semua produk (karena kepengen melihat teman-teman bikin ini...itu...). Tapi...banyak produk akan menjadikan semua produk itu biasa-biasa saja. Karena pikiran kita bercabang-cabang. Jika kita fokus produk, tentu pikiran kita sepenuhnya tercurah pada explorasi produk tersebut. Sehingga hasilnya pun maksimal. (Kecuali toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Makin komplit, makin disukai pelanggan).
  2. Karena modal saya kecil, saya harus tahu fokus belanja saya. Sehingga bahan-bahan modal yang saya beli tepat sasaran. Jika saya tidak punya visi misi, kemungkinan besar modal kecil saya berhamburan kemana-mana. Karena kecenderungan saya kalap kalau sedang belanja bahan. Inginnya semua di beli. Padahal belum tentu saya butuhkan (saat itu).
  3. Saya jadi tahu step-step pengembangan usaha yang harus saya tempuh. Setelah A..B. Setelah B..C...dst. Perkembangan usaha menjadi mudah dikontrol.
  4. Dengan adanya visi misi, saya sudah bisa membayangkan seperti apa usaha saya di masa yang akan datang (terwujud/tidaknya..urusan belakangan). Itu menjadi pemacu semangat saya. Ketika saya mulai bosan, jenuh atau bermalas-malasan...saya akan mengingatkan diri sendiri, bahwa jika saya berhenti sekarang/menunda-menunda, bayangan indah masa depan itu tidak akan terwujud/lama tercapainya. Itu adalah support ampuh yang membuat saya wake up kembali
  5. Pikiran saya jadi fokus, sehingga mampu menghasilkan ide-ide cemerlang.

Dan masih banyak lagi manfaat yang saya rasakan dengan memiliki visi misi. 
Ok, agar lebih mudah memahami, saya berikan contoh visi misi usaha saya.
Visi : 
  • Menyalurkan hobi (membuat apa saja yang berhubungan dengan kain flanel)
  • Senang dan ingin selalu membuat desain-desain baru
  • Ingin punya penghasilan sendiri.
  • Sangat menyukai hal-hal yang berbau enterpreneur.
  • Ingin berbisnis sekaligus berbagi (ilmu maupun harta)
Misi :
  • Menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya. Sehingga bisa membantu banyak orang.
  • Mengumpulkan amal jariyah sebanyak-banyaknya melalui bisnis (=ibadah) yang saya lakukan.
  • Saya ingin kaya. Karena suatu saat nanti ingin membangun pondok pesantren/asrama yang bisa menampung minimal 100 anak yatim dan biaya hidup/sekolah mereka saya yang menanggung/gratis.
  • Membahagiakan orang tua dan keluarga.
Bagaimana? Sudah punya gambaran? Masih menganggap visi misi tidak penting? :)

Di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu teman-teman untuk mengetahui seberapa besar keseriusan teman-teman memulai usaha flanel dan merumuskan visi-misi.
  1. Bagaimana awal perkenalan teman-teman dengan kain flanel?
  2. Apa yang teman-teman pikirkan pada saat itu (tentang kain flanel?)
  3. Apa yang membuat teman-teman jatuh cinta pada kain flanel/kerajinan flanel?
  4. Apa yang membuat teman-teman mantap memulai usaha di bidang ini (flanel)?
  5. Saat ini, apa yang paling teman-teman inginkan (seputar kerajinan flanel)? (boleh berupa barang, keahlian,atau sesuatu yang abstrak. Mis : ingin punya gunting zigzag,ingin bisa membuat toples kue, ingin menemukan toko bahan kerajinan yang super lengkap lagi murah)
  6. Di masa yang akan datang, ingin seperti apa perkembangan usaha flanel teman-teman? Gambarkan secara detail dan yakinkan diri bahwa yang teman-teman tuliskan itu akan menjadi kenyataan, meskipun untuk saat ini terlihat konyol/muluk-muluk. 
Jangan malu-malu untuk menjawab jujur semua pertanyaan di atas. Toh jawaban itu hanya teman-teman sendiri yang tahu :)


Selamat merumuskan :)

6 komentar:

  1. wahh jadi semakin mantap nih kayanya bikin usaha sendiri. emang bener mbaaa ^^

    pantau terus deh di NUPINUPI :))

    BalasHapus
  2. Jadi semakin semangat berkreasi nih mbak :)

    --Makasih ya--

    BalasHapus
  3. Mbk, kira2 sy bisa joint dg mbk ?? Sy ingin menjadi bagian dr karya mbk walaupun sy minim ilmu ttg felt.

    Salam
    Novita (ninilnih@yahoo.com)

    BalasHapus
  4. novita : maksudnya join bagaimana mb? :)

    BalasHapus
  5. Mba, tanya donk...
    Klo mba kelola blog apa pkai tenaga profesional khusus ato kelola sendiri?
    Krn saya rada heran, bingung plus campur aduk dengan kagum liat blog crafter2 itu kok keren2, lucu2, bagus2... Kok bisa seperti itu, saya kan mau jg hehehe...
    Tolong dibalas ya mba...
    Salam kenal :)

    -Dini-

    BalasHapus

 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com