Kamis, 22 Desember 2011

KREATIF DAN TIDAK KREATIF

Posted by Nupinupi at 16.44
Reactions: 
Mengutip dari buku Michael Michalko, bertahun-tahun yang lalu, sekelompok ilmuwan mengunjungi sebuah suku di Papua Nugini yang percaya bahwa dunia mereka berakhir di sebuah sungai yang letaknya tidak jauh dari situ. Beberapa bulan kemudian, salah seorang ilmuwan harus pergi, dan harus menyeberangi sungai tersebut. Setelah sampai di seberang, ilmuwan berbalik dan melambai. Orang-orang suku itu tdak membalas karena, kata mereka, mereka tidak melihat si ilmuwan. Keteguhan keyakinan mereka tentang dunia telah merusak persepsi mereka tentang kenyataan.

Ada lagi, seorang CEO penerbit terkenal merisaukan kurangnya kreativitas  staf editor dan pemasarannya. Dia menyewa sejumlah psikolog mahal untuk menemukan apa yang membedakan  pegawai yang kreatif dan yang tidak.
Setelah meneliti para staf tersebut selama setahun, para psikolog menemukan bahwa hanya ada satu perbedaan di antara kedua kelompok tersebut. Orang kreatif percaya bahwa mereka kreatif, dan orang yang kurang kreatif percaya bahwa mereka tidak kreatif. Seperti suku di Papua Nugini. Siapapun yang merasa dirinya tidak kreatif, sesungguhnya mereka memiliki gangguan persepsi tentang kenyataan.

Ada dua program sederhana yang dirancang untuk mengubah sistem kepercayaan oarang-orang yang merasa dirinya tidak kreatif, yaitu :

1. PENEGASAN DIRI
Untuk lebih mengukuhkan kepribadian anda, biasakanlah mengingat keberhasilan-keberhasilan anda, sifat dan watak positif anda, serta melupakan kegagalan-kegagalan anda. Berapakalipun anda gagal sebelumnya, yang penting adalah adanya usaha untuk berhasil. Keberhasilan melahirkan keberhasilan. Keberhasilan kecil merupakan batu pijakan menuju keberhasilan yang lebih besar. Latihan pertama adalah dengan menuliskan daftar penegasan diri. Catat semua hal yang anda suka dari diri anda : sifat, karakter dan watak positif anda. Tuliskan juga keberhasilan yang pernah anda capai, di berbagai bidang.
Analoginya, seseorang yang sedang berlatih menendang bola ke gawang. Pada mulanya, dia akan lebih sering gagal memasukkan bola ke gawang daripada berhasil memasukkannya.
Melalui latihan, kegagalan memasukkan bola ke gawang akan berkurang dan keberhasilannya akan meningkat. Seandainya kunci untuk meningkatkan ketrampilan cuma pengulangan, latihan yang dia lakukan tentu akan membuat tendangannya lebih sering meleset. Namun sebenarnya, walaupun jumlah tendangan meleset lebih banyak daripada tendangan yang berhasil, sesungguhnya dia sedang berlatih tendangan masuk, bukan tendangan meleset.

2. PENEGASAN KREATIF
Teknik ini sederhana, tapi sangat ampuh. Yaitu menggunakan penegasan tertulis untuk mengukuhkan keyakinan anda adalah orang kreatif. Apa yang anda yakini benar, akan sungguh-sungguh  menjadi kenyataan. Bayangkan diri anda sebagai orang yang kalah. Itu saja sudah cukup untuk membuat kemenangan menjadi mustahil.
Untuk menggambarkan diri anda kreatif, pastikan bahwa anda percaya hal itu benar. Penegasan adalah pernyataan positif bahwa sesuatu telah demikian adanya.
Luangkan waktu beberapa menit dan catat beberapa penegasan tentang kreatifitas anda. Tulislah 20 variasinya. Contoh :
- Saya, Nupi, adalah orang yang kreatif
- Saya benar-benar kreatif
- Nupi paling kreatif di grup fQ
- Anugrah terbesar yang telah Alloh SWT berikan kepada saya adalah kreativitas
- Anda, Nupi, adalah orang terkreatif di bidang felt craft. dst
Selama menulis, luangkan waktu dan renungkan baik-baik setiap kata yang anda tuliskan. Setiap kali anda mendapat pikiran negatif, tuliskan di balik kertas tersebut atau kertas lain. Contoh :
- Nupi akhir-akhir ini tidak punya ide, blognya juga garing
- Orang lain menganggap  karya Nupi biasa-biasa saja
- Saya orangnya tidak telaten dan tidak kreatif
- Saya pemalas dan suka menunda-nunda pekerjaan
- Kreasi-kreasi saya membosankan dan enggak banget
Lalu...kembalilah menulis penegasan positif anda. Setelah selesai, bacalah pernyataan-pernyataan negatif tersebut. Itulah hambatan anda untuk menjadi kreatif. Hilangkan setiap pernyataan negatif dan ganti dengan penegasan positif yang baru. 
Contoh :
- Nupi mendapat ide cemerlang setiap hari
- Blog nupi semakin luar biasa, tulisannya semakin berbobot dan tutorial-tutorialnya menarik
- Saya selalu bersemangat dan disiplin menyelesaikan pekerjaan, dst
Pada tahap ini, pemikiran negatif otomatis terhenti. Pada titik ini, tetaplah menuliskan penegasan positif , sampai anda tidak memerlukannya lagi.
*teknik ini bisa kita terapkan untuk masalah lain

Kita masing-masing harus menegaskan kreativitas pribadi kita sendiri. Walaupun banyak aspek kreativitas manusia yang serupa (saling menginspirasi), tidak pernah ada yang identik. Semua pohon pinus tampak serupa, tetapi tidak satupun yang benar-benar sama.
Tiap orang pasti melakukan hal yang berbeda dan unik. Seorang crafter sebenarnya bukanlah pribadi yang istimewa, masing-masing pribadilah yang merupakan crafter istimewa.

Saya kreatif, anda kreatif =)

Salam, 

5 komentar:

  1. woww....makasih mbk prapti sharingnya yang bener2 bermanfaat ^_^
    salam, saya sangat kreatif hihihi

    BalasHapus
  2. HM zwan : naaah..gitu dong, percaya diri !! ^^d

    BalasHapus
  3. Mbak klo misalnya ak liat krya org trus ak coba bikn sndiri ya so psti ttp ada bedanya dg yg ditiru cz kepala n tngn yg buat kan beda..trus ad tmenku yg minat mo beli hsil kryaku gt ap it bs dbilang ngebajak hsil krya org..trus terang ak blm bs sekreatif mbk nupi mnciptakan krya2 baru gt cz ga tll bs gambar jd msh sring comot sna sni..misal bikn boneka org bdnnya ikt si A rmbutnya ikut si B bajunya ikut si C...pngn bgt bs ky mb nupi pnya tngn ajaib..soal ngejahit ud lmyn ad prkmbangan lah bs sdkt lbh rapi mski blm sekaliber kerapihan mb nupi..tp soal ngegambar desain ampyun deh..

    BalasHapus
  4. Ika nurma : mb....perasaan mb komen dimana-mana nih.... ketemu komentar, ika lagiiii....hahahaha...
    Ya enggak lah mb... itukan buatan mb sendiri. Cuma,memang nyontek desain orang lain. Apalagi kalo contekannya di modif...itu udah jadi kreasi ciptaan mb sendiri,meskipun agak sama. Nanti lama2 mb akan bisa membuat kreasi yg beda,meskipun terinspirasi dari karya seseorang.. hanya mslh waktu dan kebiasaan aja :) latihan terus pokoknya ^^g

    BalasHapus
  5. Hihihi hbs kmn lg mo ngobrolin,curhat n tnya2 soal flanel craft..smntra msh mbk aj yg sreg..ngobrol ma suami cm ky ngedongeng aj misua cm bs coment bgus jelek dkk gt kl ud yg serius soal flanel bkalan blg trserah mama aj ayah kan ga mudeng soal flanel..pa lg ngobrol ma radith bkal balik dicurhatin soal spongebob,upin ipin,barney dkk tu..hihi..okedeh mbk smoga kdepan ak bs sekreatif mbk ya..bnr2 msh pemula ni wong knal flanel aj br oct kmrin..mksh byk ya mbk

    BalasHapus

 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com