Jumat, 12 Agustus 2011

Kreasi Jadul

Posted by Nupinupi at 09.39
Reactions: 
3 comments Links to this post
Waaa... Nemu kontainer di gudang yang tidak asing. Setelah di buka...isinya bahan-bahan sisa dan beberapa produk flanel yang saya buat pertama kali (tahun 2004-an). Sebagian masih lengkap dengan kemasan plastik, label dan harga.. Hahaha, berarti ini barang gak laku. Nostalgia ke masa lalu dulu aaahh... :)
 
Katalog warna
Katalog warna sederhana ini saya buat untuk memudahkan pada waktu akan memadumadankan warna kain flanel. Pekerjaan padu-padan warna jadi lebih ringan dan cepat. Coba saja... :)

Sumber inspirasi
Ganci "balung iwak" yang sudah buluk-kukuk ini saya beli di pasar malam dekat rumah. Dari sinilah awal menekuni felt craft. Tertarik dengan kain flanel sudah lama, sejak SMP. Tapi baru disalurkan setelah mendapatkan ganci "balung iwak" ini (kuliah)

Add caption
 Kreasi-kreasi saya sewaktu masih pemula. Modelnya mencontek dari internet.
 Labelnya saya buat dari kertas HVS warna dan di fotocopy. Sederhana sekali kan?! :)


Ini adalah aplikasi untuk hiasan dompet HP. Tapi tidak pernah saya tempelkan di dompet HP manapun yang saya buat, karena sayang...jahit manik-maniknya tuh...lama! Dan untuk saya pribadi di masa itu, kreasi saya ini udah te o pe be ge te dah. Jadi cuma di simpan. Hahaha...

dompet hp dari spunbond
Waktu itu kain spunbond belum ada yang bermotif, polosan semua.... Tapi, karena murah..saya beli. Saya pikir saya bisa mengkombinasikannya dengan kain flanel. Jadinya seperti itu... ^^ Itu ada tali pendeknya, tapi dilipat ke belakang dompet, nggak kelihatan.

dompet koin

Dompet koin ini lumayan laris manis. Banyak temen kuliah dan temen kost yang membeli. Dompet ini saya jahit tangan semua. 

dompet pensil




Dompet pensil ini 90% nya jahit mesin. Hanya aplikasinya yang jahit tangan. Kebanyakan malah hanya saya lem. Dompet pensil ini, barang readystok-nya kurang laku, eh..gak laku sama sekali malah. Tapi...yang pesan customize banyak coy...hehehe. Yah, biasalah...jaman dulu juga orang-orang sudah pada suka narsis. Pesan dengan nama, minta di kasih gambar kartun idolanya. Mahasiswa itu...bukan anak SD. ck..ck...ck...

Tidak penting, tapi semoga menginspirasi :)

Haruskah Benang Sulam ??

Posted by Nupinupi at 08.07
Reactions: 
9 comments Links to this post
Kenapa? Ada apa dengan benang sulam? Berkreasi dengan kain flanel, tentu benang menjadi salah satu bahan wajib (jika kita menggunakan teknik jahit, bukan teknik lem). Lalu, benang apa yang idealnya kita pakai untuk membuat kreasi ini? Rata-rata, kreasi dari kain flanel menggunakan benang sulam. Tapi, apakah harus menggunakan benang sulam? Menurut saya, tidak harus menggunakan benang sulam. Bisa benang jahit, benang wol, benang kasur, benang jeans...benang sari...(hahaha, bunga kalee...) Prinsipnya, sesuaikan dengan kebutuhan dan kepunyaan.
Agar lebih jelas, ini dia aneka benang yang bisa kita gunakan ketika membuat kreasi dari kain flanel.

Benang jahit
Saya sering memakai benang jahit karena variasi warnanya komplit, juga kuat. Selain itu, harganya juga lebih murah (dibanding benang sulam). Untuk jahit kain flanel juga nyaman.
Benang sulam no.25
Benang sulam no.25
Benang sulam no.25 juga lumayan kuat dan murah. Tapi saya jarang memakainya karena harus diurai dulu...  (malas mengurainya..hehehe)

Benang sulam
Naah, ini dia benang primadona dikalangan felt crafter. Benang sulam ini lebih tebal, kadang-kadang mengkilat (tergantung merek), tapi agak mahal. Bagus untuk hiasan aplikasi yang menonjolkan serat-serat benang. sayangnya benang sulam ini mudah putus. Tapi cukup kuat jika sudah menjadi sebuah kreasi (tidak perlu kuatir bakalan putus kecuali sengaja di gunting).

Benang jeans
Benang jeans ini tebal, kuat (tentu saja)..., tapi agak licin... Saya kurang nyaman menjahit dengan benang ini (karena licin), jadi sampai bertahun-tahun masih utuh :)

Dan masih banyak benang yang bisa kita gunakan. Dari sekian banyak benang, benang yang paling sering saya gunakan adalah benang jahit dan benang sulam. Jika kreasinya berukuran kecil atau sedang (sebesar boneka-boneka ukuran standar), saya gunakan benang jahit. Tapi jika kreasinya berukuran besar, seperti tempat tisu gulung atau jam dinding gantung, saya menggunakan benang sulam. Kenapa? kalau memakai benang jahit, karena benangnya tipis, jadi lamaaaaa banget nggak selesai-selesai jahitnya :D
Untuk kreasi yang berukuran kecil pun kadang-kadang saya memakai benang sulam, jika memang akan tampak lebih menarik/artistik jika menggunakan benang sulam. Jadi tidak mutlak. Silakan teman-teman memakai benang apa saja sesuai kebutuhan, selera atau kepunyaan, tidak harus benang sulam :)

Satu lagi... Masalah satu helai atau dua helai benang.. Sering sekali saya ditanya mengenai hal ini. Hal seperti ini semestinya menjadi pengalaman crafter itu sendiri tanpa perlu menanyakannya. Maaf, bukan berarti saya tidak suka ditanya, tapi saya ingin agar teman-teman yang bertanya, tidak terbiasa mau tahu instan. Dengan mencoba-coba sendiri, insyaallah kreatifitas akan semakin terasah :) Coba saja, jika memakai satu helai benang bagaimana...baik dari segi penampakan maupun kekuatan. Kadang-kadang kita memakai dua helai benang, dengan asumsi...dua helai akan lebih kuat. Iya benar, dua helai akan lebih kuat. Tapi jika tampilannya jadi kurang bagus, benang-benangnya terlihat mendominasi (padahal memang bukan ditujukan untuk menonjolkan benangnya), kan jadi kurang menarik. Berdasarkan pengalaman saya, satu helai benang jahit/benang sulam sudah cukup kuat :)

Tidak hanya masalah helaian benang, tapi juga permasalahan lain yang sekiranya itu bisa kita explorasi sendiri...cobalah terlebih dahulu, siapa tahu teman-teman menemukan ide/terobosan baru ^^d
*(harap bisa membedakan dengan masalah-masalah teknis lain yang memang harus bertanya jika belum paham, seperti cara menjahit, memasang gantungan kunci, dll)

Kamis, 04 Agustus 2011

Blogger Award

Posted by Nupinupi at 08.40
Reactions: 
2 comments Links to this post

Sejak lama...ketika sedang blogwalking kadang-kadang lihat "Blogger Award" ini dan membatin...'kok aku gak dapet award ini ya?' hihihi... -siape elo?!-... Akhirnyaa...sekarang saya punyaaa... Saya dapatkan dari Mb. Arta Menciana Arta Felt.
Terimakasih ya mb... Sudah nggak 'mbatin' lagi sekarang... hihihi...

1. How long have you been blogging ?
Baru tahun lalu deh kayanya, 2010. 

2. When did the first time you blogged?
Ketika sudah jadi ibu rumah tangga...

3. What is you purpose to making blog?
- Karena melihat orang-orang pada bikin blog, "kok bisa sih?"... Bagus-bagus lagi, dan mereka juga ibu rumah tangga. Jadi saya pasti juga bisa
.- Ingin berburu amal jariyah. Saya hanya punya ilmu tentang flanel (ilmu hukum yang saya pelajari waktu kuliah, sudah lupa). Jadi meskipun sepele, kalau itu saya bagikan dan bermanfaat bagi 'umat', insyaallah itu bisa menjadi ladang amal. Semoga Allah SWT meridhoi :)

4. Who inspired you so that your blog becoming like now?
Pada prinsipnya, semua blogger menginspirasi saya. Tapi ada beberapa teman yang memang saya 'idolakan' blognya, sehingga saya terdorong untuk membuat blog seperti mereka :)

5. Send this award to other four bloggers
Award ini saya persembahkan untuk :

Selamat mengerjakan :)



Selasa, 02 Agustus 2011

Aisyah - Dari yang Cantik Hingga yang Kena Alergi Udang

Posted by Nupinupi at 02.58
Reactions: 
28 comments Links to this post
Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat pesanan wedding souvenir gantungan kunci Aisyah sebanyak 500pc. Saya membutuhkan waktu 3 bulanan untuk menyelesaikannya. Proses pembuatannya seperti ini...

kepala-kepala
kerudung-kerudung
kepala yang sudah dipakaikan kerudung
dipasangi gantungan kunci

parel
bagian kepala selesai
Seharusnya Aisyah pakai renda jilbab yang di potong manual dengan gunting zigzag seperti ini..

Tapi..karena lama, dan waktunya sudah mepet...pakai renda pelangi....



Dan apesnya lagi, renda pelanginya habis. Mau beli lagi, model seperti itu sudah lama kosong. Aduuhh...
Yang ada hanya renda pink dan bis pelangi... Ya sudah...memakai apa adanya. Tapi bagaimana caranya menjadikan renda dan bis pelangi tersebut sebagai hiasan yang menarik, tapi simpel (hemat waktu)??
Akhirnya... jadilah seperti ini...

karena renda terlalu lebar, saya pasang miring seperti ini...

Aisyah yang memakai renda pink tidak saya tempeli parel ataupun pita, karena sudah terlihat elegan. 


Renda pink habis, ganti dengan bis pelangi....
hiasan bis pelangi
hiasan payet seruni.. lamaaaa, harus nempelin satu-satu. Jadi hanya membuat beberapa.


















 
sudah di kemas





Nah... Karena saya memberi blush on nya secara kilat...ada yang cantik, ada yang seperti kena alergi udang...hahaha.
ini yang cantik

ini yang kena alergi udang
Namanya handmade, jadi wajar jika hasilnya tidak sama... ada yang cantik, ada yang alergi.... Dari sekian banyak variasi, saya paling suka yang di hias renda pelangi. Teman-teman suka yang mana?? :)
 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com