Kamis, 22 Desember 2011

KREATIF DAN TIDAK KREATIF

Posted by Nupinupi at 16.44
Reactions: 
5 comments Links to this post
Mengutip dari buku Michael Michalko, bertahun-tahun yang lalu, sekelompok ilmuwan mengunjungi sebuah suku di Papua Nugini yang percaya bahwa dunia mereka berakhir di sebuah sungai yang letaknya tidak jauh dari situ. Beberapa bulan kemudian, salah seorang ilmuwan harus pergi, dan harus menyeberangi sungai tersebut. Setelah sampai di seberang, ilmuwan berbalik dan melambai. Orang-orang suku itu tdak membalas karena, kata mereka, mereka tidak melihat si ilmuwan. Keteguhan keyakinan mereka tentang dunia telah merusak persepsi mereka tentang kenyataan.

Ada lagi, seorang CEO penerbit terkenal merisaukan kurangnya kreativitas  staf editor dan pemasarannya. Dia menyewa sejumlah psikolog mahal untuk menemukan apa yang membedakan  pegawai yang kreatif dan yang tidak.
Setelah meneliti para staf tersebut selama setahun, para psikolog menemukan bahwa hanya ada satu perbedaan di antara kedua kelompok tersebut. Orang kreatif percaya bahwa mereka kreatif, dan orang yang kurang kreatif percaya bahwa mereka tidak kreatif. Seperti suku di Papua Nugini. Siapapun yang merasa dirinya tidak kreatif, sesungguhnya mereka memiliki gangguan persepsi tentang kenyataan.

Ada dua program sederhana yang dirancang untuk mengubah sistem kepercayaan oarang-orang yang merasa dirinya tidak kreatif, yaitu :

1. PENEGASAN DIRI
Untuk lebih mengukuhkan kepribadian anda, biasakanlah mengingat keberhasilan-keberhasilan anda, sifat dan watak positif anda, serta melupakan kegagalan-kegagalan anda. Berapakalipun anda gagal sebelumnya, yang penting adalah adanya usaha untuk berhasil. Keberhasilan melahirkan keberhasilan. Keberhasilan kecil merupakan batu pijakan menuju keberhasilan yang lebih besar. Latihan pertama adalah dengan menuliskan daftar penegasan diri. Catat semua hal yang anda suka dari diri anda : sifat, karakter dan watak positif anda. Tuliskan juga keberhasilan yang pernah anda capai, di berbagai bidang.
Analoginya, seseorang yang sedang berlatih menendang bola ke gawang. Pada mulanya, dia akan lebih sering gagal memasukkan bola ke gawang daripada berhasil memasukkannya.
Melalui latihan, kegagalan memasukkan bola ke gawang akan berkurang dan keberhasilannya akan meningkat. Seandainya kunci untuk meningkatkan ketrampilan cuma pengulangan, latihan yang dia lakukan tentu akan membuat tendangannya lebih sering meleset. Namun sebenarnya, walaupun jumlah tendangan meleset lebih banyak daripada tendangan yang berhasil, sesungguhnya dia sedang berlatih tendangan masuk, bukan tendangan meleset.

2. PENEGASAN KREATIF
Teknik ini sederhana, tapi sangat ampuh. Yaitu menggunakan penegasan tertulis untuk mengukuhkan keyakinan anda adalah orang kreatif. Apa yang anda yakini benar, akan sungguh-sungguh  menjadi kenyataan. Bayangkan diri anda sebagai orang yang kalah. Itu saja sudah cukup untuk membuat kemenangan menjadi mustahil.
Untuk menggambarkan diri anda kreatif, pastikan bahwa anda percaya hal itu benar. Penegasan adalah pernyataan positif bahwa sesuatu telah demikian adanya.
Luangkan waktu beberapa menit dan catat beberapa penegasan tentang kreatifitas anda. Tulislah 20 variasinya. Contoh :
- Saya, Nupi, adalah orang yang kreatif
- Saya benar-benar kreatif
- Nupi paling kreatif di grup fQ
- Anugrah terbesar yang telah Alloh SWT berikan kepada saya adalah kreativitas
- Anda, Nupi, adalah orang terkreatif di bidang felt craft. dst
Selama menulis, luangkan waktu dan renungkan baik-baik setiap kata yang anda tuliskan. Setiap kali anda mendapat pikiran negatif, tuliskan di balik kertas tersebut atau kertas lain. Contoh :
- Nupi akhir-akhir ini tidak punya ide, blognya juga garing
- Orang lain menganggap  karya Nupi biasa-biasa saja
- Saya orangnya tidak telaten dan tidak kreatif
- Saya pemalas dan suka menunda-nunda pekerjaan
- Kreasi-kreasi saya membosankan dan enggak banget
Lalu...kembalilah menulis penegasan positif anda. Setelah selesai, bacalah pernyataan-pernyataan negatif tersebut. Itulah hambatan anda untuk menjadi kreatif. Hilangkan setiap pernyataan negatif dan ganti dengan penegasan positif yang baru. 
Contoh :
- Nupi mendapat ide cemerlang setiap hari
- Blog nupi semakin luar biasa, tulisannya semakin berbobot dan tutorial-tutorialnya menarik
- Saya selalu bersemangat dan disiplin menyelesaikan pekerjaan, dst
Pada tahap ini, pemikiran negatif otomatis terhenti. Pada titik ini, tetaplah menuliskan penegasan positif , sampai anda tidak memerlukannya lagi.
*teknik ini bisa kita terapkan untuk masalah lain

Kita masing-masing harus menegaskan kreativitas pribadi kita sendiri. Walaupun banyak aspek kreativitas manusia yang serupa (saling menginspirasi), tidak pernah ada yang identik. Semua pohon pinus tampak serupa, tetapi tidak satupun yang benar-benar sama.
Tiap orang pasti melakukan hal yang berbeda dan unik. Seorang crafter sebenarnya bukanlah pribadi yang istimewa, masing-masing pribadilah yang merupakan crafter istimewa.

Saya kreatif, anda kreatif =)

Salam, 

Rabu, 14 Desember 2011

AKU BOSAN....

Posted by Nupinupi at 22.23
Reactions: 
9 comments Links to this post
Sebagai pengrajin dan pecinta kain flanel, saya juga sering merasa bosan. Sesering apa? Hmm..mungkin 2 bulan sekali, hehehehe.... Wajarlah kalau bosan, setiap hari bergelut dengan barang itu terus. Apalagi dulu, waktu masih menerima orderan souvenir dan topping. Kalau sedang kumat bosannya...rasanya mual, putus asa melihat jadwal deadline, ingin melarikan diri ke planet lain... Itu kategori kumat berat. Kalau kategori kumat ringan, melihat flanel blank, tidak ada nafsu (jadi main game mulu), ingin ganti menekuni craft lain...atau migren.

Mungkin Sahabat Nupi mengalami gejala yang berbeda, tapi inti sebabnya sama...J.E.N.U.H. Kalau jenuh/bosan (terhadap flanel) pada saat tidak ada orderan sih tidak masalah (tapi logikanya..kalau tidak ada orderan tidak mungkin jenuh, yang ada malah 'ngarep'...). Dan, kalau kejenuhan itu diterus-terusin, bisa bener-bener 'Lo Gue End' sama flanel..hahahahaha. Yang menjadi masalah kan kalau si bad mood datang pada saat orderan numpuk-numpuk... What should I do? Tentu si mood harus segera dinaikkan levelnya, atau paling tidak distabilkan.

Ada cara ampuh murah meriah yang sering saya praktekkan untuk mengusir jenuh, bosan, bad mood.

1. Blog Walking. 
Jalan-jalan ke blog yang menurut kita bagus dan isnpiratif, ternyata bisa mendongkrak semangat kita kembali lho.... Jalan-jalan ke Facebook teman juga bisa, tapi saya lebih suka jalan-jalan ke blog, karena kalau di blog..biasanya si penulis juga menceritakan proses kerja kerasnya. Jadi, ada cerita menarik yang bisa kita jadikan cermin/pembelajaran :)
2. Baca-baca artikel atau buku yang berisi success stories.  
Ini juga cukup ampuh untuk membuat saya wake up. Meskipun...kita menganggap, bisnis kita masih sekecil upil. Sudah kecil, seperti upil lagi (tidak ada harganya) *ini hanya perumpamaan yang saya 'lebay'kan saja*. Tapi, kita kan punya mimpi...ingin suatu saat bisnis kecil kita menjadi besar, tidak senilai upil lagi ^^v
3. Buka kembali "Buku Mimpi/Dream Book". 
Ini seperti pengingat, bahwa kita sedang mengejar cita-cita. Kalau jenuh dan berhenti...bisa lebih lama lagi cita-cita tersebut terwujud :)
4. Jalan-jalan. 
Tidak harus ke tempat yang jauh, mahal atau belanja. Kita bisa jalan-jalan keliling desa tempat tinggal, ke rumah teman masa kecil, ke tetangga depan rumah, window shopping ke toserba dekat rumah... (jangan ke In**maret...apanya yang mau di-window'in, yang ada malah jajan,hahahaha).
Pernah... suatu saat, saya migren. Tapi tidak tahu sebabnya. Makan teratur, tidur cukup, tidak sedang memikirkan masalah berat, juga tidak capek... Tapi kok migren? Memang, pada saat itu saya sedang jenuh level 5 (dari 10 level) dengan orderan-orderan paket belajar. Bosan sekali, sampai tidur dan main game pun tidak mood (padahal itu hobi no.1 dan no.2...no.3 flanel.. Penting nggak sih saya beritahukan ini?! hihihihi). Lalu saya memutuskan untuk mengunjungi teman saya yang mempunyai kios di Pusat Grosir Solo. Nongkrong saja...tidak belanja apa-apa. Sesiang itu, saya lupa kalau sedang migren. Sorenya, pulang dengan kepala enteng dan bersemangat lagi  =)

Semangat!! \\^0^//

 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com