Senin, 19 November 2012

KEPUTUSAN GILA "MENGGANTUNGKAN HIDUP" DARI KAIN FLANEL

Posted by Nupinupi at 03.04
Reactions: 
“Apa saya bisa menggantungkan hidup dari kain flanel?” Berapa banyak orang yang berpikiran seperti itu? Tunjuk jari!... Eh..eh..sudah tidak model tunjuk jari ya, tapi dijempoli (like), hehehehe

Saya ikut-ikutan tunjuk jari dan nge-like. Lhoh..iya, dulu saya juga berpikir  seperti itu. Ciyus!
Bukan hanya saya pribadi malah, orang-orang di sekitar saya juga memandang sebelah mata. Dan itu yang lebih sering menjadi alasan dominan untuk tidak serius menekuni dunia flanel. Biasanya kita akan lebih mantap dengan pendapat orang banyak, meskipun kita sendiri sebenarnya tidak yakin dengan pendapat orang tersebut. Tapi…karena hampir semua orang mengatakan A, kita ikut menjadi A, dan percaya bahwa pendapat banyak orang pasti lebih valid, daripada pendapat/insting kita sendiri.

Akhirnya, banyak pegawai merangkap crafter menjadi galau. Jangankan pegawai, yang menganggur di rumah pun banyak yang tidak berani memantapkan diri menggeluti dunia flanel (padahal mereka nganggur, misal gagal, cuma rugi materi yang tidak seberapa, karena modal untuk memulai usaha kreasi flanel memang kecil. Bisa di mulai dari puluhan ribu rupiah)

Pembahasannya mungkin agak "panas" dan semakin membuat galau, jadi silakan ambil cemilan dan es teh dulu untuk teman membaca supaya lebih adem ^^

Pikiran-pikiran yang bisa diterjemahkan biasanya seperti berikut ini :
  1. Ingin keluar kerja dan fokus pada flanel, tapi kok takut… “gantungan kunci flanel yang harganya cuma 2.000 perak/pc, apa iya bisa untuk nyicil ‘apartemen’?” Boro-boro sampai mikir apartemen, mikir bisa membuat asap dapur tetap mengepul saja tidak pede, hehehehehe. ----> terlihat logis, padahal tidak juga
  2. Kain flanel itu barang apa sih?! Bukan kebutuhan pokok. Hanya seperti mainan. Siapa yang mau terus-terusan beli barang seperti itu? Karena tanpa kain flanel, orang-orang bisa tetap hidup sehat dan bahagia. Bahkan mungkin, kalau kain flanel ini lenyap dari muka bumi, manusia akan tetap baik-baik saja. Jadi, di mana letak nilai bisnisnya? ----> Wooh…belum  tau dia.
  3. Ada yang mengatakan, tren flanel mulai pudar/akan memudar. Jadi, kreasi-kreasi flanel itu, di tahun 2014 (tidak usah menunggu tahun 2020, kelamaan) itu tidak akan akan laku atau bernasib sama seperti mobil-mobilan dari kulit jeruk bali -----> sangat ampuh membuat kita bimbang
  4. Oke lah! Meskipun kain flanel -gombal warna-warni- ini bukan kebutuhan pokok, ternyata peminatnya banyak, dan menurut ahli ekonomi prospeknya cerah (kalau ini karangan saya sendiri ^^v). Tapi…tetap saja percuma kalau dagangan saya (kreasi-kreasi flanel) jarang laku/bingung memasarkan kemana -----> kalau yang ini IDL (Itu Derita Lo)….hahahaha.
Cocok dengan pikiran teman-teman?

Saya akan membagi pembahasan ini menjadi 4 poin agar lebih mudah di pahami.

Kenapa kita bisa punya pikiran dan keyakinan seperti yang saya sebutkan di atas? “analisis” sederhana saya :
a. Kreasi flanel umumnya bersifat hiburan, bukan barang pokok. Jadi, orang tidak akan mengeluarkan uang jika tidak benar-benar tertarik (dan kita pun berpikir, kreasi seperti ini siapa yang tertarik?!).
b.  Kain flanel (untuk kerajinan) mudah kotor, berbulu, dan sifat kainnya tidak “setangguh” kain yang biasa untuk pakaian. Tidak cocok untuk membuat pakaian (kecuali flanel yang jenisnya beda/ntah apa nama spesifiknya, biasanya untuk kemeja atau popok bayi)
c.  Kain flanel identik dengan gantungan kunci/kreasi sekedar hiasan/mainan. Jadi, banyak orang yang berpikir pemanfaatan kain flanel itu terbatas untuk barang-barang yang tidak terlalu bernilai guna (karena saya sering mendapat komentar “wah, ternyata kain flanel bisa juga di buat seperti ini ya?”)

Bagaimana untuk memutarbalikkan pikiran-pikiran negatif tersebut? (Keren sekali bahasa saya, hahahaha)
  • Masih banyak orang yang menghargai handmade, karena handmade identik dengan limited/exclusive. Mungkin mereka berpikir sebaliknya “susah sekali mencari crafter-crafter handmade, padahal saya suka barang-barang handmade yang lucu-lucu”. Kalau seperti itu, berarti kita hanya belum bertemu dengan orang-orang tersebut ^^
  • Masih banyak orang yang tidak fokus pada nilai guna atau keawetan, tapi pada model yang limited, unik, dan warna-warna menarik.
  • Masih banyak orang yang tertarik atau lebih tepatnya “butuh” dengan souvenir murmer
  • Masih banyak orang yang suka melihat barang unyu-unyu
  • Jika kita bisa membuat perbedaan atau membuat kreasi yang fungsional, tentu peminatnya akan lebih banyak. Misal : kita membuat kreasi bunga dari kain flanel. Hanya bunga saja. Yang berminat mungkin banyak, tapi akan sedikit yang membeli. Karena mereka tidak tahu manfaatnya apa (kecuali produsen-produsen souvenir). Tapi kalau bunga tersebut ditempelkan di bando/bandana/kotak tisu, saya yakin…akan lebih banyak peluang kreasi tersebut laku ^^
  • Jika ada yang mengatakan tren flanel mulai pudar/akan memudar dan konsumen sudah bosan, siapa yang membuat pernyataan itu? Tetangga? Teman? Nenek? Atau seorang pakar ahli tertentu? Dan berapa kali anda mendengar pernyataan seperti itu? 1x? Biasanya hanya 1x, tapi sudah digeneralisir. Apalagi kalau mendengar dari beberapa orang ^^ ----> Faktanya : setiap bulan, penjualan flanel nupinupi (Alhamdulillah) meningkat. Saya tidak tahu, Indonesia sebelah mana yang sudah bosan dengan kreasi flanel. Bahkan, di negara sekelas Jepang, sampai sekarang kreasi flanel masih eksis (menurut saya siiih…^^ hihihihi)
  • Tuhan tidak pernah iseng dalam menciptakan sesuatu. Memangnya kita, share foto di grup dengan keterangan : “@halte, nunggu angkot kelamaan, iseng-iseng jahit. Jadi deh… “(1 lusin kreasi) -bukan bermaksud menyindir yang uplod foto lho yaaa. Saya hanya menekankan contoh kata “iseng-iseng”nya itu- Bahkan, (maaf) kotoran pun ada manfaatnya. Apalagi kain flanel. Asal kita mau meng-explore-nya, pasti hasilnya juga lebih.
Teman-teman sependapat dengan poin-poin di atas? Berarti kita bisa melangkah ke poin selanjutnya. Yaitu,strategi menghasilkan uang dari kain flanel. Yiaa…pasti langsung tidak sabar :D Perlu diingat, ini hanya cara saya sebagai orang awam yang sedang belajar bisnis. Jadi, misal cara ini tidak berjalan baik ketika teman-teman ujicoba-kan…yaah, mohon maklum ^^v
  • Fokus. Mengenai fokus, sudah saya share di blog nupinupi.com. Judulnya Tentang Fokus. Silakan di cari ^^
  • Konsisten. Kalau beberapa minggu atau bulan sudah bosan menunggu hasilnya, dan berniat ganti haluan, itu namanya belum konsisten. Saya butuh waktu beberapa tahun untuk mencapai titik sekarang ini.
  • Menjadi spesialis. Masalah ini saya bahas di artikel Tentang Fokus.
  • Menentukan target market. Misalnya…produk-produk yang cocok untuk anak-anak sekolah, ibu-ibu, souvenir pernikahan, atau exclusive (menengah  ke atas). Hal ini perlu, karena ini menentukan kualitas bahan baku yang akan kita sediakan.
  • Menentukan, mau di jual online atau offline. Kalau memang teman-teman tinggal di daerah yang daya belinya rendah, onlineshop bisa menjadi alternatif. Karena pangsa pasar kita akan lebih luas…melampui wilayah kita, bahkan negara kita ;)  
“Okee…saya sudah percaya diri dan bersemangat untuk memulai bisnis kreasi flanel saya. Tapi, bagaimana strategi pemasaran saya nanti?”
Ada beberapa cara sederhana tapi cukup efektif untuk memasarkan hasil kreasi flanel (lagi-lagi ini cara saya sendiri lho yaa..)
  • Mulai dari lingkungan sekitar. Teman kuliah/kost, teman kantor, teman sekolah anak, keluarga/saudara, teman organisasi. Biarkan proses promosi dari mulut ke mulut ini berjalan secara natural, dan nikmati hasilnya.
  • Online. Tentu saja…itu cara favorit saya. Cara memasarkan secara online, silakan baca di sini
  • Sesuaikan barang yang di jual dengan target market kita. Misal : kita membuat dan menjual kotak tisu seharga 50 ribu kepada bocah-bocah SD. Ya tidak cocok laaah, dari segi harga, manfaat, maupun kemenarikan.  Untuk anak-anak SD, buat kreasi-kreasi yang murmer tapi menarik, bisa mereka pakai di mana-mana. Harga sesuaikan dengan uang saku mereka.
  • Ikut bazaar, pameran, atau pasar murah. Ini juga sangat mendongkrak popularitas sekaligus omset ;)
  • Bekerja sama dengan pihak lain. Misal : menitipkan kreasi kita di koperasi-koperasi, toko-toko kecil, konter, swalayan, dll (kalau yang ini, jujur saya belum pernah. Karena saya kurang sreg dengan sistem yang biasanya diberlakukan/sistem konsinyasi---tapi berdasarkan pengalaman beberapa teman, cukup memuaskan hasilnya) Atau bisa juga bekerja sama dengan toko-toko grosir/produsen souvenir. Jadi kita sebagai supplier mereka.
  • Di resellerkan. Biasanya ini lebih menarik perhatian calon pelanggan.
  • Khusus ibu-ibu atau mahasiswa yang senang berorganisasi, cobalah untuk mengisi acara dengan kursus flanel singkat. Ini cara cepat mempromosikan usaha flanel kita kepada lingkungan sekitar
  • Menggunakan Blackberry. Sekarang ini BB sudah menjadi barang biasa, dan memasarkan produk memanfaatkan BBM juga sudah menjadi hal lumrah, bahkan banyak disukai calon pelanggan karena praktis. Tapi nupinupi belum memanfaatkan BBM untuk pemasaran. 
Saya memasarkan kreasi saya bermula dari kampus dan teman-teman kost, lalu internet.
Intinya, semua strategi itu membutuhkan kesabaran. Semua butuh waktu, butuh proses. Tidak ada yang instan kecuali cepat sekali bubar.

Nah..bagaimana? sudah berani “gila”? Eh..tapi jangan salah. Saya tidak sedang memprovokasi anda untuk keluar kerja lho ya. Mungkin tulisan saya ini bisa menjadi wacana, sehingga yang tadinya belum tahu, menjadi tahu. Yang tadinya belum menyadari, menjadi sadar ^^v Semuanya harus dipertimbangkan matang-matang, baru kemudian silakan mengambil keputusan.

Ngomong-omong masalah resign dan terjun bebas ke dunia flanel, saya punya teman yang melakukan hal itu. Nama OS-nya di Facebook : Belinda Jacellyne Shop

Berikut obrolan saya (N) dengan beliau (B) --- sudah di edit sana-sini

N : boleh tau alasan resign-nya?

B : sebelum resign, saya sudah terima orderan flanel. Trus pas udah deket-deket lahiran, ternyata responnya makin bagus. Di tambah suasana kantor yang tidak kondusif/tidak nyaman. Pilihan ya resign. Trus cari pembantu susahnya minta ampun. Ya udah, jadi babysitter aja di rumah, sambil terima orderan flanel.

N : penghasilan dari flanel-flanel tersebut bagaimana mb?

B : hasilnya? Baguuuss… Terus terang, dulu aku tidak berpikir mau menjadikan flanel sebagai income. Orderan juga kan tidak tentu. Tapi kalau kasarannya, bisa masuk minimal 3jt/bulan (sudah di potong bahan baku). Apalagi sekarang resellerku nambah terus. Di banding dulu waktu masih kerja, duit segitu gak sebanding mb. Sekarang kan waktunya flexible, anak di urus sendiri, tidak perlu bayar pembantu/baby sitter. Selain hobi, juga menghasilkan duit tidak sedikit kok.

N : emang dulu mb kerja di bagian apa? Sudah punya jabatankah?

B : Jabatanku dulu di kantor…Purchasing Manager dan HRD Manager. Kalau naik jabatan bisa jadi direktur SDM. Tidak semua orang mau melepas jabatan itu. Tapi aku tidak pernah menyesal sedikitpun. Rejeki tidak cuma kerja dengan orang kok, hehe… Kalau mau sabar, 5 atau 10 tahun lagi mungkin aku punya kartu nama direksi ^^ 
-Belinda-

Ada tambahan  cerita lagi, agak kontras dengan cerita pengalaman di atas. Supaya teman-teman juga tahu, bahwa memulai bisnis ini pun butuh perjuangan dan komitmen yang kuat... Tidak ada yang mudah, semua harus diperjuangkan ^^

Berikut "wawancara" Nupinupi dengan Novi Cuyati, teman kita dari Bandung :)

1.      Mulai kapan resign dari kantor? Alasannya apa
Per 1 Juli 2012 lalu, beberapa minggu menjelang ramadhan sudah resmi jadi full time IRT alias ibu rumah tangga. Kerja di rumah saja, ngurus suami dan fokus ke bulan ramadhan. Saat itu baru sekitar 6 bulan menikah. Alasan resign awalnya memang bukan karena flanel, tapi karena sudah tidak nyaman dan keadaan di kantor sudah tidak kondusif, eh malah diberi lampu hijau sama suami, ya sudah Alhamdulillah. Memang dari awal lulus kuliah dulu kerja bukan untuk karir tapi untuk batu loncatan/ pengalaman, karena itu juga perlu.
  
2.      Bagaimana di awal pejuangan? Apa saja yang dirasakan?
Dulu ga sengaja menemukan souvenir nikahan yg mamah bawa dari nikahan salah satu kerabat. bentuk love sederhana dan warnanya bagus. Tahu sih itu namanya kain flanel, tapi karena di daerah tempat tinggal belum pernah menemukan took penjual flanel, jadi sama sekali belum jatuh cinta. Sampai akhirnya penasaran membawa v ke warnet Cuma untuk sekedar pengen tahu apa sih sebenarnya flanel itu?
Wooooow! Takjub, ternyata flanel bisa jadi apa saja. Kayak satria baja hitam, bisa berubah. hehehe. Dari sana pula v “nyasar” ke blog NUPI, n crafter lain yg karyanya ciamik semua dan tentu saja bikin ngiler. Pengen bisa bikin juga, pengen belajar jahit lagi. Dulu sering internetan Cuma buat cari referensi tugas kuliah aja dan Facebook ga begitu di manfaatkan, Cuma sekedar punya akun, udah jarang update.
Lupa tepatnya kapan, sekitar juni tahun lalu kalo ga salah, pokoknya saat itu Paket belajar Nupi lagi tutup karena pindahan. Padahal yg v cari sudah v temukan, tapi waktunya belum jodoh. Kursus flanel jarak jauh. Solusi saat itu Cuma itu, karena untuk menemukan flanel saja v ga  tahu harus beli ke mana.
Dipantengin terus deh tuh FB nunggu PBF Nupi buka dan rasanya ga sabar pengen beli paket belajarnya. Dan pada bulan agustus 2011 DIY kit yang pertama v beli adalah Boneka Mayra lengkap sama bahannya. Senengnya bukan main deh kaya anak kecil dapet maenan baru.
Awalnya jahit2 kain flanel di sela2 libur kerja dan Cuma sekedar kesenangan, hobby, juga menjawab penasaran  apakah v bisa jahit atau ga? Terus terang waktu SMP dulu paling males sama pelajaran TATA BUSANA yang isinya disuruh jahit n buat pola dan ngapalin jenis tusuk2an. Dan sekarang menyesal kenapa dulu ga tertarik pelajaran itu karena ternyata bermanfaat.hehe.
Tidak ada satupun karya vi yang di jual saat itu, kalau ada yang suka ya diberikan begitu saja, karena saat itu bingung mau dikasih harga berapa karena ga pernah ngitung. Puas sih, tapi kata mamah kenapa ga dijual aja, kan lumayan, apalagi beli bahannya ga gratis. Tapi lagi2 saat itu belum tahu beli kain flanel dimana. Hasil jahitan yang udah jadi kan dapet dari paket belajar yang v beli. Akhirnya ketemulah di FB sama teh Vita Eka Sandra yang tinggalnya di bandung juga. Pokoknya di add aja deh. Belum pernah sekalipun ketemu, tahunya Cuma di FB, tok! Sampai sekarang juga karena gagal terus tiap janjian mau ketemu. Berbekal SKSD dan muka tembok, bertanyalah padanya seputar flanel termasuk beli bahan di mana aja. eeeeh ternyata tempat yang sering didatengin belanja orang sebandung tuh ada segambreng toko craftnya. Hadeuh, jadi diriku selama ini ke mana aja? Walaupun tetep kalo dari rumah harus ke kota dulu buat nemuin toko craft itu, tapi seenggaknya udah tahu lah ya dimana dapat yang v cari.
Seiring berjalannya waktu v banyak belajar dari internet, blog walking, sampai ikut workshop bikin boneka saking penasaran pengen tahu cara tiap crafter menghasilkan karya mereka.
Alhamdulillah dari karya2 v ada yang suka walau tidak jarang setelah tahu harganya mereka urung membeli karena merasa terlalu mahal, maklum daerah tempat tinggal masih di kampung. Padahal udah kasi harga semurah mungkin dengan kualitas baik. Karena v juga orangnya ga suka kalo bikin karya asal jadi tapi ga kepake lama, kan sayang jadi mubadzir.

Ternyata keputusan v resign menjadi awal ujian baru di mulai. selang sebulan setelah v resign ternyata suami juga kontrak kerjanya diputus sepihak tanpa alasan yang jelas, alhasil kami berdua nganggur. saat itu usaha flanel v pun belum diseriusi, karena masih selalu kebingungan mau dipasarin kemana barangnya. Sampai berbulan2 suami belum jg dapet kerja, udah deh bantuin v bikin flanel aja. ternyata jahitannya udah lumayan rapi lho! Semua memang sudah Alloh rencanakan sedemikian rupa, sampai kita berdua rakjub dibuatnya. hehehe.
Ya akhirnya karena yang novi punya saat itu beberapa meter kain flanel sisa stok dulu yang belum habis, putar otak gimana caranya supaya flanel ini menghasilkan sesuatu, setidaknya untuk makan sehari-hari aja dulu deh. Saat itu menjelang ramadhan, orang2 lagi rame bikin toples hias flanel, tapi v ga ikut2an karena keterbatasan modal untuk beli toplesnya. Bener deh, saat itu bener2 negncengin iket pinggang. Akhirnya walaupun ga banyak, tapi Alhamdulillah ada yang terjual setidaknya  biar dapur tetep ngebul. Jadi selama ramdhan itu semua keuntungan termasuk modal dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Dan pada saat idul fitri tiba, karena tidak punya uang untuk diberikan ke sanak saudara seperti layaknya tradisi kita bagi2 angpao, v bagiin boneka flanel buatan v. Malu udah ga dipikirin lagi, habis mau gimana. kita berusaha sekuat tenaga apa adanya, tidak mau memaksakan sampai harus pinjam uang sana sini hanya demi sebuah pandangan manusia semata. Kadang pikiran buruk v yang terlintas adalah apa jangan2 ini karena orang tua ga ridho v keluar kerja ya? atau ini semua Cuma ujian supaya v lebih serius lagi usahanya? Galau lah saat itu antara lanjut nge-felt atau kerja kantoran lagi. Tapi dasar novi orangnya ga pernah dibawa ribet, jadi susah juga Alhamdulillah dibawa santai begitupun suami. Jadi kesulitan yang ada diambil hikmahnya supaya kita lebih bersyukur. Masih untung bisa makan juga. coba bandingkan di luar sana masih banyak yang lebih susah dan kekurangan.

3.      Bagaimana pendapat orang tua /suami /keluarga /teman/ tetangga dengan keputusan tersebut?
Tidak mudah untuk dapat dukungan penuh terutama dari orang tua. Mereka seperti kebanyakan orang tua lain maunya novi tetap kerja walaupun sudah nikah, apalagi belum ada anak. Mungkin karena mereka merasa sudah capek2 ngasih biaya kuliah v kali ya, eh ijazahnya dianggurin. Apalagi pas tahu novi fokus jadi tukang flanel, mereka mengecilkan usaha vi. Tapi ga apa2, keinginan mereka sebenarnya masih wajar dan itu bisa jadi penyemangat vi untuk membuktikan bahwa v bisa sukses walau hanya usaha beginian. Ya karena v ngasih tahunya setelah resign mereka dengan terpaksa mendukung, tapi tetap nyuruh untuk lamar kerja lagi. dan ini tidak v lakukan sampai sekarang. ^^
Suami sepenuhnya mendukung v resign, tapi tidak (atau belum ya) sepenuhnya mendukung fokus ke usaha flanel. Ngasih usul usaha yang lain saja yang lebih menjanjikan. Seperti kebanyakan orang, suami berpikir kalo flanel itu bukan barang konsumsi pokok seperti sembako, jadi katanya prospeknya lambat. Ga semua orang butuh, kalopun ada untuk orang  tertentu dan waktu tertentu aja. Tapi setelah merasakan sendiri ternyata flanel bisa menjadi solusi ketika kepepet, Alhamdulillah suami akhirnya mendukung termasuk dari segi materi. Kalo kurang modal untuk beli bahan, dengan senang hati beliau ngasi sumbangan dana, nganter belanja, gunting2 pola, bahkan ngejahit juga udah bisa, untuk kreasi yang mudah aja.
Kalau teman2 terutama teman kantor ga beda jauh sama orang tua menyayangkan keputusan v untuk berhenti kerja. Bahkan ketika mengajukan resign, supervisor sampai yakin bilang gini “sayang nov, daripada di rumah bengong ga dapet uang, mending di sini bengong juga di gaji” Haduh, kayak dia yg jamin rizki novi aja. Kalo inget itu jadi ngenes dan tambah semangat buat usaha flanel dan bisa ngasi bukti kalo kerja di rumah bisa menghasilkan.
yang lucu pendapat sepupu, dia orang yang dari kecil tahu bandelnya v kaya apa, cowok banget, tukang berantem, ga bisa masak, ga bisa jahit, pokoknya ga “cewek” banget. Dia bilang waktu v ngasih anaknya boneka buatan v, katanya dia ga percaya kalo v bisa jahit. lha wong dulu kalo kancing baju seragam v copot sama dia di jahitnya. hahaha.
Kalo tetangga sebagian sudah tahu v jualan flanel, kebanyakan hanya mengagumi tapi seperti biasa ga kuat di ongkos, hehe. Harus muter otak nih gimana caranya menghasilkan kreasi bagus dan terjangkau untuk kalangan mereka. ^^

4.      Menyesal ga ambil keputusan resign dan fokus ke flanel?
Mantap v jawab SANGAT MENYESAL.  Sangat menyesal kenapa ga dari dulu ketemu sama si flanel ini. Ga dari jaman kuliah gitu misalnya? Kan lumayan bisa nambah uang saku n uang beasiswa bisa dimanfaatkan untuk usaha ini aja. Tapi memang Alloh ngasih apa yang kita butuh ga pernah salah waktu.
Penghasilan minimal saja v bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, apalagi kalo v bisa lebih serius lagi. Bismillah… v bertekad mau memulai lagi semuanya dengan lebih serius, terarah, punya tujuan, dan lebih fokus. Kalau orang lain bisa, kenapa v enggak?

5.      Adakah peristiwa yang berkesan sejak mulai usaha tersebut (pasca resign)?
Banyak.
Dan yang paling berkesan adalah seringnya dapat pesanan ketika kepepet butuh uang. Ini terjadi beberapa kali, padahal v ga gencar promosi, eh yang pesen dari mana aja. ada yang Cuma tahu dari temennya aja dia udah percaya buat pesen ke v, padahal temen v sendiri belum pernah liat langsung karya v itu.
waktu v ada pesenan boneka miniatur Couple TNI yang gede dan mauny customer di pakein box mika. Ada rekomendasi teman pesan box di tempat A. karena pertama kali pesan ke sana si bonekanya dibawa juga biar ukurannya pas. Waktu itu si mas nanya
“Teh ini bikinan sendiri? dijahit tangan ya?”
“iya mas, buatan sendiri, jahit tangan semua” jawab v
terus si mas nya nanya harga n v jawab seadanya. Dia perhatiin tu boneka dan bilang tahu kualitas jahitan tangan, rapi. Pas tahu harganya dia bilang koq murah untuk kualitas buatan v, karena katanya lagi beberapa hari yang lalu temannya juga pesan box buat boneka flanel tapi bonekanya ga rapi2 amat. Memang harga punya novi dua kali lipat lebih mahal, tp masih kebilang murah kalo dibanding kualitas boneka pesenan temannya itu. sampai si mas nya minta no hp kalo2 suatu saat mau pesen.
Masih berhubungan sama boneka TNI ini, ternyata ga sengaja v ketemu yang COPAS karya v. Itu mah bener2 ga sengaja. Kata temen2 sesama crafter (emang udah layak gitu v disebut crafter? hehe), biarin aja… itu atinya karya kita bagus makanya diaku2in karya sang copycat itu.
Maap ya yg ini bukannya mau sombong atau narsis, tapi jujur penilaian si mas itu jadi buat v buka mata n semangat kalo ternyata masih ada –banyak malah- orang yang menghargai barang handmade di samping orang2 yang ga ngerti proses handmade itu seperti apa.

6.      Apa hikmah yang didapatkan dari resign dan mantap di jalan bisnis flanel?
Hikmahnya banyak banget dan yang pasti tambah ilmu udah jelas, novi jadi bisa jahit –lagi. ketemu sama crafter flanel yang oke punya n menginspirasi. Terdampar di grup2 flanel yang karyanya juga jempol semua dan kebanyakan adalah penjual Online.
Novi sendiri sedang merintis untuk jualan online karen kalau jualan offline di daerah tempat tinggal agak susah mendapatkan customer yang menghargai barang handmade. Maklum daya beli masyarakat di sini masi kurang, masih suka yang murah tapi pengen kualitas OK.
Dari awal novi memulai usaha flanel Cuma modal nekat, beneran nekat habis-habisan. Ga pernah nyangka sama sekali suami bakan di”rumahkan” ga lama setelah v memutuskan resign. Semua berawal dari kepepet butuh uang, tapi gimana caranya dapet uang yang halal. Alhamdulillah selalu Alloh kasi jalan keluar lewat flanel ini.
Memang ga jarang v ngerasa frustasi ketika sepi orderan, maklum usaha v masih baru dan belum dikenal, keinginan untuk balik ke meja kantoran sempat terlintas, sering malah. galau deh jadinya. Tapi setelah beberapa kali ditolong sama Alloh lewat flanel, jadi tambah yakin dan semangat untuk tetap berada di jalur ini.
Banyak orang2 sukses usaha flanel, jadi pasti novi juga bisa.
Ga mudah keluar dari zona nyaman dan memutuskan untuk berwirausaha (apalagi v orangnya moody banget), tapi di situlah v banyak belajar dan menyadari bahwa selama ini begitu banyak yang tidak novi tahu jika hanya bekutat dengan pekerjaan kantoran. Yang pasti semakin yakin kalo rizki dari Alloh itu luas dan datang dari arah yang ga disangka2. Secara materi memang belum signifikan peningkatannya, tapi perjuangan, semangat dan pengalaman itu lebih besar  nilainya dari sekedar banyaknya uang.
Kalaupun v kerja saat keadaan keuangan keluarga sedang kurang, tidak ada salahnya dan diperbolehkan karena alasannya syar’i. Tapi kenapa v masih bertahan di flanel ini? Jujur v Cuma bisa bilang “entahlah, kalau sudah cinta mau dikata apa? Dan lagi2 Alloh yang membiarkan hati v untuk terus mencintai yang v kerjakan saat ini”, yang ini mah asli lebay ^^

Semoga bisa jadi penyemangat dan reminder v ketika suatu saat merasa down lagi, v ingat kembali perjuangan v dari awal tidaklah mudah. Mungkin sebagian cerita terlihat agal lebay dan didramatisir, tapi percayalah itu pengalaman v sebenarnya. Dan semoga yang sedang galau antara kerja dan ngefelt segera memutuskan jalan yang benar secepatnya… hehehe.
-Novi-


Mantap kan teman-teman?! ^^v


Semoga menginspirasi… (Kalau setelah membaca artikel ini teman-teman semakin galau dan ruwet, gunakan es batu (dari es teh) untuk mengompres dahi..) X-)

Thanks to Belinda Jacellyne Shop, Novi Cuyati, dan mungkin akan di tambah lagi oleh crafter yang lain  =)


131 komentar:

  1. wkt sma ada teman yg kreatif.. barang2 yg dipakai buatan sendiri, sayangnya dia pelit dlm membagikan ilmunya.. jd deh aq mau jd orang yg kreatif tp ga pelit bagi ilmu..

    pas kuliah, sekitar 7th yg lalu sy ud jatuh cinta sama felt craft.. kr hobby jd rasanya senang aj klo lg jahit2.. awalnya dipake sendiri trus temen kuliah byk yg suka jd deh byk yg order.. alhamdulillah bs punya uang saku sndiri..

    setelah masuk dunia kerja.. peluang usahaku bagus.. mereka sangat menghargai handmade.. sebuah kata yg sering diucapkan mereka adalah KREATIF.. kata ini selalu bikin aq tersenyum bahagia.. seperti mendapatkan penghargaan.. hehe..

    tantanganku..
    1. kr handmade sendiri jd suka kerepotan klo byk orderan.. blm menemukan orang yg hasil kerjanya bagus jd msh percaya dg pekerjaan sendiri..
    2. kr aq pns,jd felt craft adalah hobby dan sidejob..

    BalasHapus
  2. Postingan mba yang ini sangat 'kena' banget di saya yang memang lagi galau hehe...
    Jadi gak ragu deh untuk tekuni hobi crafting saya ini.. yang jelas harus fokus kan ya mba?
    Makasih banyaaak...

    BalasHapus
  3. Mbakkk... ditunggu artikel "cara memasarkan secara online" nya, semua isi dari webnya Mbak Nupi bermanfaat banget. Makasih mbak :)

    BalasHapus
  4. Inspiring banget deh tulisannya, ngebantu saya dan banyak orang untuk tetep smangat dan berkarya.

    Makasih ya mbak :)

    BalasHapus
  5. Mecco : Nah.. ternyata masih banyak orang yg menghargai handmade kan?! krn mmg tdk semua orang bisa ^^ Bagi saya, crafter adl manusia2 yg limited. Sama mb, itu sptnya kendala para crafter secara universal,susah cari asisten jahit tangan yg sesuai standar kita :)
    Siip! itu juga sangat bagus. Yg penting kita sdh membuat keputusan dan membuat batasan. Sukses mb ^^

    Baby emma : iiyaa..pasti! senjatanya cuma fokus ^^

    Adinda tripur : ini sedang di "godog" mb :)

    Ria : Makasih mb Ria. Kunjungan dan komentar mb mendorong saya untuk terus berkarya dan berbagi ^^

    BalasHapus
  6. wow... keren mba...
    saya jadi termotivasi karena mba ^^
    ayo makin smengat belajar lagi ^^

    oia, mba klo tusuk feston pada bagian telinga sapi atau pada bagaian yang udah ditempelin bahan lain pinngirnya gimnana ya??? saya coba tapi ga rapihasilnya.jelek.. mohon penjelasannnya.

    maksi ^^

    BalasHapus
  7. jadi ga sabar pengen cepet2 pesan barang lagi ke mba.. bahan-bahan kmrnnya udah abis (banyak yg salah :( ).

    BalasHapus
  8. Bagus sekali mba postingannya , aku banget deh, yg lagi galau antara kantoran dan flanel kadang ide2 ku sampe hilang lagi karna ga bisa ngerealisasikan apa yg ada di fikiranku , mudah2an kedepannya setelah punya customer aku bisa fokus di flanel aja.....trims mba..

    BalasHapus
  9. Waaahhh....ternyata saya benar-benar sakti mb Pi...(kata mb waktu itu)Hahahaha.....
    Kenapa begitu,karena tulisan ini bener2 pas banget dengan kondisi saya saat ini. (Jadinya saya apa mb Pi ya yang sakti...??) Whatever....

    Lihat aja, sebentar lagi saya juga akan membuat keputusan "gila" itu.

    Sebenernya si sudah lama ngefelt. Sudah pernah jalan juga joinan sama temen. Tapi setelah nikah kami harus berpisah (karna domisili juga jauh dari partner saya). So... off deh bisnisan flanelnya. Tapi setelah ketemu NupiNupi dan crafter lainnya, semangat itu muncul lagi... Insya Allah tambah manteb untuk menjadikan flanel sebagai sarana menjemput rizqi.

    Satu lagi....cerita dengan Belinda itu miriiip banget sama saya. (cuma beda nasib). Kalau beliau HRD Manager...kalau saya HRD Staff ;).
    Mudah2an mirip juga nanti nasibnya di dunia crafting.... (Amiiinn....)
    Bismillah....mudah-mudahan ini jalan rizki yang lebih baik dari jalan rizki saya saat ini.

    BalasHapus
  10. sangat menginspirasi Mba Prapti.. ditunggu postingan2 lainnya yg membangun..:)

    jujur saya saat ini dilema antara keluarga, kerja dan flanel.. mungkin saat ini masih harus banyak dapat "cambukan" semangat biar bisa fokus dan memutuskan hal yang menurut saya "nyaman" untuk diri saya dan keluarga..:)

    Mohon do'anya.

    BalasHapus
  11. wah commentdariku..belum muncul ya???

    BalasHapus
  12. subhanalloh,,disaat yg tepat aq baca artikel ini,,,siip mba prpti,,bermanfaat sekali ^^

    BalasHapus
  13. Subhanalloh.... Sungguh Alloh Maha Sempurna. Terima kasih Mbk Prapti. Tulisannya sangat menginspirasi. Semoga Sy bisa meresapi dan mempraktekkaan motivasi mbk.

    Novita (ninilnih@yahoo.com)

    BalasHapus
  14. Warna-warni : di kasih lem sedikiiiiit saja..asal nempel. kalo tll banyak jadi tebal, susah dijahit, jdnya jelek :)

    Endah : enggak kebalik mb? fokus dl baru dpt customer?? ^^

    Janti : hahahahhahaha, kita sama-sama sakti ajalaah... hihihi, iyaa..aamiin. krn mmg,pekerjaan sesepele apapun itu, kalo tdk fokus ya lambat... :)

    Rizqaha : kalo saya dl resign krn alasan utamanya : Keluarga. dg catatan, mskipun hanya di rmh sy ingin tetap menghasilkan... akhirnya sy berbisnis flanel. Jadilah bisnis ini untuk keluarga ^^ jd,kalo ada acara keluarga trs onlineshop tutup..harap maklum ^^v

    novita & anonim : aamiin.. ^^

    BalasHapus
  15. cara jahitnya gamn mba?? saya ga bisa kalo ada yg menghalanginya gitu (kaya telinga ata sebgainya??)

    BalasHapus
  16. warna warni : cara menjahit sudah saya share di sini mb, silakan di ubek ya :) itu di jahit feston spt biasa, cm nembus telinga tsb

    BalasHapus
  17. Bagussss banget entry postnya ini mbak.

    Saya baru mulai belajar jual flanel. Kelihatannya sih sepele pada awalnya
    Kreasi saya yang pertama adalah pouch hape/BB dan name tag, trus saya kasih ke temen, mereka bilang buagusss banget (gak cuma bagus lho.

    Habis itu temen2nya semua pada order, minta dikasih nama masing2. Harganya padahal saya kasih rada mahal :) Tapi mereka nggak peduli lho. Karena personal banget, nggak ada di toko.
    Sekarang rada kewalahan, soalnya disambi kuliah sama nulis untuk sebuah penerbitan. Produksinya agak tersendat, tapi herannya pelanggan tetap setia menunggu :)

    Sukses terus dan terus menginspirasi banyak orang ya mbak! Salut buat mbak Prapti :)

    BalasHapus
  18. Itik Bali : naah.. tnyta..masih banyak ya pelanggan yg suka handmade/flanel, menerima harga diberikan tnpa protes, dan mau menunggu dg sabar... tdk ada alasan untuk tdk bersyukur ;)

    BalasHapus
  19. yippie .. alhamdulilah .. dari nyasar2 dapet link web ini ..
    isinya 'ngena' bgt bagi saya .. si crafter nubie .. :P
    bisa nambah ilmu dan sharing pengalaman dari sesama bakul .. secara saya masi minim ilmu banget ..

    BalasHapus
  20. nice posting, jadi inget saat membesarkan usaha keripik tales sambil membagi waktu bekerja kantoran

    BalasHapus
  21. Kea : yippiiee.. nambah satu lagi teman :))

    Keripik tales : akhirnya, keluar kerja kah? :)

    BalasHapus
  22. Jd terinspirasi.. yg tadinya pesimis mw trus bikin karya jd semgt 45 ^^,

    BalasHapus
  23. mba thanks yaa, mbak uda nyembuhin kegalauanku hhehe

    BalasHapus
  24. Erny Wirdaningsih23 Oktober 2014 02.59

    Wow..!! keren ya mbak ceritanya sampe' terharu *kucekkucekmata*. Ajaib banget ya ternyata sebuah flenel itu mbakbisa merubah hidup menjadi setakjub itu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hal sekecil apapun bisa merubah hidup kita kalau ditekuni :) makasih sudah mampir mb Erny

      Hapus
  25. Nih Bagi yang nyari bahan Flanel murah harganya tapi hitungannya per meter..
    http://larasouvenir.blogspot.com/2015/03/flanel.html

    BalasHapus
  26. Luar biasa nih tulisan.. Maaf aku pemula nih kmaren kmaren baru buat boneka, gantungan kunci.. dll. Mohon dukungan temen temen Crafter biar aku tetep semangat berkreasi..
    Nanya boleh? Kalo beli bahan baku dimana biar meminimalisir biaya produksi.. Hehe siapapun boleh kasih saran..
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  27. MENAWARKAN PINJAMAN !!!!!! MENAWARKAN PINJAMAN !!!!!!
    Kami menawarkan semua jenis pinjaman baik pinjaman aman dan tidak aman dengan bunga hanya 2%.
    Silakan hubungi kami untuk info lebih lanjut di
    EMAIL: paydayloanfinancial@gmail.com
    Telefone: +17034364331

    BalasHapus
  28. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Endah. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs.Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com) dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya (faridahendah007@gmail.com) dan saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ms. Lucy Smith, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Lucy Smith, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: ( ervitaazis@gmail.com) sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  29. Halo,


    Ibu Halina Myriam, pemberi pinjaman memberikan pinjaman pribadi dan pinjaman kepada individu, swasta dan perusahaan publik untuk kesempatan waktu hidup. jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk membangun atau membeli rumah? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? tidak terlihat lagi karena kami berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda di masa lalu. kami meminjamkan $ 10,000.00 untuk $ 50.000.000,00 dengan tingkat bunga rendah dari 1% kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 1%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami adalah perusahaan pinjaman swasta, dapat diandalkan dan memberikan manfaat dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. jadi hubungi kami hari ini via email: halinamyriamcompany@gmail.com

    rincian pemohon

    Nama lengkap:
    Alamat:
    Negara:
    Kota:
    Seks:
    Usia:
    kerja:
    Jumlah yang dibutuhkan:
    Tujuan pinjaman:
    jangka waktu pinjaman:
    Pendapatan bulanan:
    Telepon:

    Hubungi kami melalui e-mail:
    halinamyriamcompany@gmail.com
    Halina Myriam.

    BalasHapus
  30. Halo, nama saya Henny Silalahi, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah ditipu Rp250 juta karena saya membutuhkan pinjaman USD350,000 modal yang besar, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak bisa berdiri lagi. semua ini terjadi pada bulan November 2015, sampai aku bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Mei Tuhan terus memberkati Anda , saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat hanya mendaftar melalui ibu Maria melalui email perusahaan: morissceruloloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini hennysilalahi35@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya. Terima kasih.

    BalasHapus
  31. Halo, nama saya Henny Silalahi, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah ditipu Rp250 juta karena saya membutuhkan pinjaman USD350,000 modal yang besar, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak bisa berdiri lagi. semua ini terjadi pada bulan November 2015, sampai aku bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Mei Tuhan terus memberkati Anda , saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat hanya mendaftar melalui ibu Maria melalui email perusahaan: morissceruloloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini hennysilalahi35@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya. Terima kasih.

    BalasHapus
  32. Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

    BalasHapus
  33. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  34. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  35. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  36. hari baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Ibu aisha bukafia, silakan, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya benar di sini pada platform ini untuk semua warga negara Indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah memiliki trully mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp15.000.000, dengan seorang wanita di arab saudi.

    saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu Emiliana, yang merupakan pemilik dari sebuah organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk menerapkan dari Ibu Emiliana, jadi saya summorned keberanian dan menghubungi Mrs. Emiliana.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman Rp400,000,000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp400,000,000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana untuk membuat kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: mrsaishabukafia@gmail.com

    BalasHapus
  37. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  38. Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  39. Apakah Anda membutuhkan pinjaman nyata? Apakah Anda pernah ditolak oleh lembaga keuangan, bank dan perusahaan pembiayaan lainnya? Jika ya, tidak khawatir lagi karena @ JESSICABROWNFINANCEFIRM kami adalah perusahaan keuangan berpengalaman yang memberikan fasilitas pinjaman kerumitan gratis untuk individu asli dan serius, perusahaan, perusahaan perusahaan dan masyarakat dengan bunga 2%. Kami memiliki akses ke kolam renang uang tunai untuk memberikan kepada UKM dan mereka dengan rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil. Yakinlah kesejahteraan Anda dan kenyamanan semua kami di sini untuk memastikan. Dapatkan berhubungan dengan layanan pelanggan @ email kami: jessicabrownfinancefirm@gmail.com untuk respon cepat dan cepat ......
     
                                        PEMOHON DATA YANG DIBUTUHKAN
     
     
    1. Nama
    2. negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Pekerjaan
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan Bulanan
    8. Jumlah yang dibutuhkan
    Durasi 9. Pinjaman
    10. Agama
    11. Apakah Anda menerapkan sebelum dan menolak? Jika ya
    12. Alasan Negara ..........................................
    ......................................................... ...
    ......................................................... ...
    ............................................................
    ......................................................... ...
     
     
     
    Seseorang sedang menunggu untuk berbicara dengan Anda

    BalasHapus
  40. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: vicksheddylaoncompany@gmail.com

    BalasHapus
  41. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: vicksheddylaoncompany@gmail.com

    BalasHapus
  42. Hello, my name is Julia Simon, a victim of fraud in the hands of creditors false. I have lost about 55,000.00.Euro because I need a big capital of $ 120,000.00.Euro. i almost died, I had no place to go. My business was destroyed, and in the process I lost my son. I can not stand this happening again. in 2 month's ago, I met a friend who introduced me to a good mother, Mrs. Augusta Ibramhim, which ultimately helped me secure a loan at a company. good mother I would like to take this opportunity to say thank you, and may God continue to bless you. I also like to use this opportunity to advise fellow Romanians, that there are a lot of scammers out there, so if you need a loan, and want to secure a loan quickly, simply sign in with Mrs Augusta Ibramhim via email: augustaibramhim11@gmail.com. You can also contact me via this email: juliasimon460@gmail.com. if you have any doubts. please he is the only one that is reliable and trustworthy.
    thanks.

    BalasHapus

  43. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    pinjaman, pinjaman mahasiswa, hutang pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau kau menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email:
    topclassloanfirm@gmail.com

    Terima kasih,

    mr Markson

    BalasHapus
  44. KABAR BAIK!

    Untuk benar memperkenalkan diri,
    Saya Ibu KATHLEEN dari [KATHLEEN FOSTER PINJAMAN PERUSAHAAN]
    Saya pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda. Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih namun mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat baik individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email: kathleenfosterloanfirm@gmail.com
    OR Via: kathleenfosterloanfirmUS@gmail.com

    BalasHapus
  45. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui Perusahaan email Alamat di: margretmarita@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimum (3.000 $ / €) untuk maksimal (300,000.000 $ / €) E.T.C. Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, Dan setiap UANG bekas lainnya.

    Hubungi: margretmarita@gmail.com: untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda.

    Terima kasih karena kami menunggu Response cepat Anda.
    Margret Marita Pinjaman Terbatas
    E - Mail: margretmarita@gmail.com

    BalasHapus
  46. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Rahmat Williams Pinjaman Perusahaan, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gracewilliamloancompany@gmail.com

    Peminjam DATA S

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________


    Terima kasih,
    Ibu Grace.William

    BalasHapus
  47. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  48. Halo orang baik saya di Asia, mungkin ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga An INDONESIA tetapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman ini baik melalui Mrs Nurliana Novi, pemberi pinjaman kredit benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON KREDIT PERUSAHAAN, setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang percaya, maka dia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya di kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,
    Mrs Elina Johnson dari ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara untuk mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Aku menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan mungkin ALLAH dipuji.

    BalasHapus
  49. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  50. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  51. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  52. halo semua kita Dewi Ahmad pemberi pinjaman perusahaan pinjaman dapat diandalkan dan dipercaya selama lebih dari 46 tahun di bidang pinjaman yang Anda seorang pengusaha yang Anda pedagang atau Anda memiliki perusahaan yang yang untuk memperbesar pantai atau Anda memiliki mimpi untuk membangun kredit Anda bisnis, akan ketidakstabilan keuangan benar atau Anda di mana menolak pinjaman oleh bank kemudian mencari tahu sebagai Dewi Ahmad lender menawarkan pinjaman dari semua jenis pada tingkat yang paling menarik dari 2% untuk semua jenis kredit dan ke setiap tempat di dunia dan kami memberikan out hingga 5 miliar dari mata uang di dunia jangan lewatkan kesempatan ini untuk mencapai impian keuangan Anda hanya dengan tingkat bunga 2% dan dewi pemberi pinjaman akan memberikan mimpi keuangan Anda menjadi kenyataan hubungi kami hari ini untuk aplikasi pinjaman Anda di (Dewiahmad.loanfirm@gmail.com) untuk formulir aplikasi pinjaman Anda hari ini dan akan mendapatkan setiap hal yang dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam terima kasih untuk dukungan Anda Tuhan memberkati Anda

    BalasHapus
  53. Nama saya Lady Rhoda Eny seorang guru sekolah di malaysia menikah tapi suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil, aku ditinggalkan dengan tiga anak untuk diriku sendiri untuk melatih, pada 9 Oktober 2016 anak saya akhirnya keluar dengan teman-temannya untuk paket hiburan (Subang Jaya) di 3, Jalan PJS 11/11, Bandar Sunway, 47500 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, sayangnya rem gagal dan mengalami sebuah kecelakaan mengerikan yang hampir biaya mereka hidup mereka, tetapi Allah masih disimpan tapi anak-anak saya memiliki luka dan dokter menuntut RM20.000 yang saya tidak punya, jadi saya memutuskan untuk mencari pinjaman di mana saja tetapi tidak berhasil, dan anak saya akan mati, jadi saya mulai berdoa kepada Tuhan untuk membantu saya karena saya tidak memiliki satu, saya 'ma janda tidak ada yang membantu dengan pinjaman, saya juga mencoba bank tetapi mereka menuntut collecterial saya belum, jadi saya pergi melalui internet di mana saya bisa mendapatkan pinjaman, maka saya melihat pinjaman saksi disebut Lady Jane (ladyjanealice@gmail.com) jadi saya email dia dan dia bilang aku harus menghubungi Mr Dangote (dangoteloangroupdepartment@gmail.com) jadi saya, saya diminta untuk mengisi formulir dan puncak kartu Id saya untuk otentikasi, dan kemudian dikirim kembali ke e-mail selesai dan menandatangani dokumen dan di tengah malam aku sedang memeriksa rekening bank saya saya terkejut berapa banyak dari permintaan pinjaman saya ditransfer ke rekening bank saya, saya senang, saya berdoa kepada Tuhan untuk membantu dan ia mengirim perusahaan pinjaman Mr. Dangote untuk membantu , anak saya baik dan sehat, berkat wanita Jane dan Mr. Dangote, hubungi saya via e-mail untuk informasi lebih lanjut dan membuktikan ladyrhodaeny@gmail.com.

    BalasHapus
  54. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  55. Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik, Membeli rumah atau mobil? "Kredit Investasi" penawaran? Kami menyediakan pinjaman konsolidasi utang, pinjaman bisnis, pinjaman refinancing rumah, kredit mobil, pinjaman pribadi, dan pinjaman perusahaan dengan bunga 2% per tahun. Apakah Anda dalam kekacauan finansial atau anda telah ditolak oleh bank dan ditipu? Kami menawarkan jenis berikut pinjaman dan banyak lagi; € 2.000,00 Minimum hingga maksimal € 900.000 Term Pembayaran

    (1-30 tahun) untuk pembayaran, dengan Kelas Dunia fasilitas standar dan memastikan bahwa dana yang masuk ke rekening bank Anda dalam 48 jam ke depan, kami menawarkan berikut. pinjaman kami baik diasuransikan untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami. jika berminat, silakan Balas kepada kami melalui email di aaminahrahmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  56. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  57. Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk setiap jumlah yang diperlukan, di tempat tujuan apapun, untuk bisnis, perusahaan, perusahaan dan tujuan pribadi dalam hal memahami dengan jelas dan menerapkan sekarang dengan mengirim email kami: (susannahstearns@gmail.com)

    BalasHapus

  58. Halo
    Hal ini untuk memberitahu Anda bahwa Mrs. Christy Mark, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki peluang keuangan terbuka untuk semua orang. Kami memiliki hal yang jelas dan mudah dipahami dan kondisi individu, perusahaan dan perusahaan memberikan pinjaman dengan bunga 2%. Hubungi kami hari ini oleh e -mail: (chrismazzy99@gmail.com) Ayo, mari kita mengakhiri masalah keuangan Anda.

    BalasHapus
  59. Halo semua harap berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman dari sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, hal itu terjadi pada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya yang saya akan memenuhi hak satu tapi saya tidak. Untuk Tuhan Kemuliaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Dewi Ahmad Dewi Ahmad Badan Kredit, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. email nya dewiahmad.loanfirm@gmail.com
    Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

    BalasHapus
  60. Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya terbakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa kreditur dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

    BalasHapus
  61. Dear Sir / Madam, "PINJAMAN SECEPAT MUNGKIN DALAM 2days. Taylor wilson Micro Dana keuangan Plc Komersial dan Pribadi", X-mas Loan, "Rumah Pinjaman sebesar 2% bunga rate.Interested Orang harus menghubungi Loan Officer via E-mail dengan di bawah ini informasi: ", NAMA: ..... TERAKHIR NAMA: ...... NEGARA: ....... NOMOR TELEPON: ..... PEKERJAAN: ...... AGE: ............. SEX: ...... Perkawinan STATUS: ...... LOAN JUMLAH DIPERLUKAN: ...... BULANAN PENGHASILAN ...... PINJAMAN JANGKA WAKTU : ...... Petugas Nama: Pinjaman Penawaran Investasi Email: Taylorwilsonloancompany@googlemail.com, Terima kasih Dan Tuhan memberkati, Salam

    mr wilson

    BalasHapus
  62. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  63. Halo, nama saya adalah Kristen Calvin, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar Rp16,000,000. karena saya butuh modal besar Rp800,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan suami saya dan anak saya saya tidak tahan ini terjadi lagi. pada bulan Juni 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (christiancalvin200@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  64. Halo, nama saya Jessica Dimas, korban penipuan di tangan kreditur palsu. Saya telah kehilangan sekitar Rp185,000000.00. karena saya butuh Rp370,000000.00 modal besar. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi. dalam dua bulan yang lalu, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Gloria Landaverde, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Gloria Landaverde melalui email: glorialandaverde111 @ gmail.com. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: jessicadimas129@gmail.com. jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  65. Apakah Anda membutuhkan pinjaman Kami adalah sah dan menjamin pemberi pinjaman kredit. Kami adalah perusahaan dengan bantuan keuangan. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan penerima dapat diandalkan sebagai Kami akan senang untuk menawarkan Anda pinjaman Hubungi kami melalui Email: hammers.credit@gmail.com

    Layanan yang diberikan meliputi

    *Konsolidasi hutang
    * Pinjaman Bisnis
    *Pinjaman pribadi.
    * Kredit Mobil
    * Sewa Pinjam Rumah

    Menulis kembali jika berminat dengan tingkat bunga kami 4% per tahun. Hubungi kami melalui Email: hammers.credit@gmail.com

    Harap Catatan: Semua individu yang tertarik harus mengirimkan pesan ke email kami untuk respon mendesak dan rincian untuk mendapatkan pinjaman.

    Salam Hormat.

    BalasHapus
  66. Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Maria Annette Pinjaman Perusahaan, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (mariaannetteloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    (Mariaannetteloanfirm@gmail.com)
    Ibu. Maria.Annette

    BalasHapus
  67. Halo, nama saya Jessica Dimas, korban penipuan di tangan kreditur palsu. Saya telah kehilangan sekitar Rp185,000000.00. karena saya butuh Rp370,000000.00 modal besar. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi. dalam dua bulan yang lalu, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Gloria Landaverde, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Gloria Landaverde melalui email: glorialandaverde111 @ gmail.com. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: jessicadimas129@gmail.com. jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  68. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman?
    Saya direktur Margret Marita Pinjaman Limited,
    layanan pinjaman Margret Marita adalah lisensi kredit investasi hukum, kami menawarkan
    pinjaman kepada orang Individu dan bisnis serta menyediakan
    layanan yang handal dan investasi untuk berbagai pelanggan / calon tingkat
    dengan tingkat bunga yang terjangkau dari 3%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / €) untuk jumlah pinjaman maksimum (300,000.000 $ / €) dengan
    durasi 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: margretmarita@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk memberikan individu dan perusahaan dengan
    bahwa lembaga kerjasama membutuhkan layanan keuangan membantu mereka
    memenuhi kebutuhan mereka, harapan dan membantu meningkatkan kehidupan pelanggan kami
    dan komunitas mereka. Butuh Pinjaman mendesak ?? disetujui sekitar
    48 jam layanan lengkap kepada pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk melanjutkan
    waktu dekat, kami siap melayani Anda.

    pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:............................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    (PINJAMAN INFORMASI)

    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..........................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ....................


    salam benar-benar istimewa.
    Margret Marita Pinjaman Terbatas
    E - Mail: margretmarita@gmail.com

    BalasHapus
  69. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman?
    Saya direktur Margret Marita Pinjaman Limited,
    layanan pinjaman Margret Marita adalah lisensi kredit investasi hukum, kami menawarkan
    pinjaman kepada orang Individu dan bisnis serta menyediakan
    layanan yang handal dan investasi untuk berbagai pelanggan / calon tingkat
    dengan tingkat bunga yang terjangkau dari 3%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / €) untuk jumlah pinjaman maksimum (300,000.000 $ / €) dengan
    durasi 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: margretmarita@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk memberikan individu dan perusahaan dengan
    bahwa lembaga kerjasama membutuhkan layanan keuangan membantu mereka
    memenuhi kebutuhan mereka, harapan dan membantu meningkatkan kehidupan pelanggan kami
    dan komunitas mereka. Butuh Pinjaman mendesak ?? disetujui sekitar
    48 jam layanan lengkap kepada pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk melanjutkan
    waktu dekat, kami siap melayani Anda.

    pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:............................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    (PINJAMAN INFORMASI)

    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..........................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ....................


    salam benar-benar istimewa.
    Margret Marita Pinjaman Terbatas
    E - Mail: margretmarita@gmail.com

    BalasHapus
  70. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  71. Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Limited, kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, badan swasta dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Mencari lagi karena tujuan kami adalah semua tentang kebebasan finansial dan masyarakat yang stabil. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (mariajorgeglobalfinance@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) pendapatan bulanan:
    11) dibutuhkan jumlah Pinjaman:
    12) durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    BalasHapus
  72. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  73. Halo, nama saya Henny Silalahi, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah ditipu Rp250 juta karena saya membutuhkan pinjaman USD350,000 modal yang besar, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak bisa berdiri lagi. semua ini terjadi pada bulan November 2015, sampai aku bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Mei Tuhan terus memberkati Anda , saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat hanya mendaftar melalui ibu Maria melalui email perusahaan: morissceruloloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini hennysilalahi35@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya. Terima kasih.

    BalasHapus
  74. BAIK KABAR BAIK KABAR BAIK BARU

    Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200.000.000 juta untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

     Ini akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya ke nyata dan perusahaan pinjaman dapat diandalkan, (theresaloancompany@gmail.com), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di

    (Theresaloancompany@gmail.com) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka

    (Theresaloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya atau (martinimarais1986@gmail.com) untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda perhatikan all.please ada biaya pendaftaran tidak ada biaya transfer, tidak ada biaya pajak, tidak ada biaya asuransi) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan biaya ini .Allah memberkati kita biaya transfer, biaya tidak ada pajak, tidak ada biaya asuransi) Lender Perusahaan nyata atau tidak mengumpulkan penutup biaya Singer,

    BalasHapus
  75. halo semua kita Dewi Ahmad pemberi pinjaman perusahaan pinjaman dapat diandalkan dan dipercaya selama lebih dari 46 tahun di bidang pinjaman yang Anda seorang pengusaha yang Anda pedagang atau Anda memiliki perusahaan yang yang untuk memperbesar pantai atau Anda memiliki mimpi untuk membangun kredit Anda bisnis, akan ketidakstabilan keuangan benar atau Anda di mana menolak pinjaman oleh bank kemudian mencari tahu sebagai Dewi Ahmad lender menawarkan pinjaman dari semua jenis pada tingkat yang paling menarik dari 2% untuk semua jenis kredit dan ke setiap tempat di dunia dan kami memberikan out hingga 5 miliar dari mata uang di dunia jangan lewatkan kesempatan ini untuk mencapai impian keuangan Anda hanya dengan tingkat bunga 2% dan dewi pemberi pinjaman akan memberikan mimpi keuangan Anda menjadi kenyataan hubungi kami hari ini untuk aplikasi pinjaman Anda di (Dewiahmad.loanfirm@gmail.com) untuk formulir aplikasi pinjaman Anda hari ini dan akan mendapatkan setiap hal yang dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam terima kasih untuk dukungan Anda Tuhan memberkati Anda

    BalasHapus
  76. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (Elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  77. Nama saya dewi Setiana, warga Indonesia, dari kota surakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya situasi yang tidak terlalu baik dan putus asa, aku jatuh ke tangan seorang pemberi pinjaman palsu, dari saudi arabia. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Emiliana, pemilik sebuah organisasi kredit global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari 450juta dalam waktu kurang dari 24 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Mrs. Emiliana mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    sehingga untuk pekerjaan yang baik dari Ibu Emiliana dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Mrs. Emiliana, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setianadewi2020@gmail.com dan Miss Irawati yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs. Emiliana, Dia juga menerima pinjaman dia dari Mrs. Emiliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: irawatidianna@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Emiliana untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

    BalasHapus
  78. BAIK KABAR BAIK KABAR BAIK BARU

    Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200.000.000 juta untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

     Ini akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya ke nyata dan perusahaan pinjaman dapat diandalkan, (theresaloancompany@gmail.com), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di

    (Theresaloancompany@gmail.com) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka

    (Theresaloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya atau (martinimarais1986@gmail.com) untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda perhatikan all.please ada biaya pendaftaran tidak ada biaya transfer, tidak ada biaya pajak, tidak ada biaya asuransi) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan biaya ini .Allah memberkati kita biaya transfer, biaya tidak ada pajak, tidak ada biaya asuransi) Lender Perusahaan nyata atau tidak mengumpulkan penutup biaya Singer,

    BalasHapus
  79. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  80. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus
  81. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
    Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
    Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
    Allah memberkati Anda.

    BalasHapus
  82. hello semua orang ini adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE dunia yang dikenali organisasi kewangan dengan pensijilan perkhidmatan kewangan seperti yang kita memberi pinjaman apa-apa jenis kepada mana-mana sahaja di dunia pada kadar yang paling menarik 1.5% hubungi kami hari ini di (hartfordfinancialservice@gmail.com) kerana kami akan memberikan impian kewangan anda menjadi kenyataan
    terima kasih dan Tuhan merahmati kamu

    BalasHapus
  83. Mencari pinjaman adalah salah satu solusi ketika membutuhkan dana yang besar dan kadang-kadang tiba-tiba. Misalnya, untuk keperluan bisnis atau usaha, biaya sekolah anak-anak, biaya rumah sakit dan sebagainya. Tidak masalah mencari pinjaman untuk menutupi kekurangan dana, masalahnya adalah di mana untuk mendapatkan pinjaman dijamin. Jangan sampai salah dalam memilih tempat untuk meminjam uang. Pilih tempat yang aman untuk meminjam uang agar tidak terjebak jumlah pinjaman yang bisa membuat peningkatan utang Anda. Yang merupakan tempat yang aman untuk mendapatkan pinjaman dana tersebut? Berikut ini adalah tempat yang baik untuk mendapatkan pinjaman: -cahya.creditfirm@gmail.com .... dan Anda juga dapat menghubungi saya terlalu di email saya untuk informasi lebih lanjut di dewim090@gmail.com,,,, perusahaan ini dikonfirmasi positif .
    Allah membantu kita semua (Amin)

    BalasHapus
  84. Apakah Anda mencari pinjaman investasi, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman untuk penyelesaian utang dan pinjaman pribadi? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, badan swasta dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail melalui: (bellaalbert6@gmail.com)

    APLIKASI DATA
    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) pendapatan bulanan:
    10) dibutuhkan jumlah Pinjaman:
    11) durasi pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:

    Terima kasih.

    BalasHapus
  85. KABAR BAIK! KABAR BAIK !! KABAR BAIK !!!

    Apakah Anda Berpikir Untuk mendapatkan Bantuan Kewangan, apakah Anda Serius membutuhkan Pinjaman Mendesak, apakah Anda Berpikir Untuk memulakan kepercayaan Bisnis Anda Sendiri, Anda Berada di Utang, INI ADALAH Kesempatan Anda untuk Mencapai keinginan Anda Karena kami Memberikan Pinjaman Peribadi, Pinjaman usaha, dan Kredit korporasi, dan segala maklumat macam Pinjaman Pada Tingkat bunga 2%. Hore !!! Hampir sampai Ke Penghujung Tahun Ini dan kami pada stella kelompok Perusahaan Pinjaman, Kami menjamin all Klien Berharga Kami bahwa Acha Akan mendapatkan all Pinjaman Individu DENGAN senyum di wajah Acha.
    Untuk maklumat lebih lanjut sila hubungi kami Sekarang Melalui email: (stellagrouploancompany@gmail.com)

    Maklumat Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Seks: ______________________
    Umur: ______________________
    JUMLAH Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Duration: ____________
    Bunga Pinjaman: _____________
    Nombor telepon ________

    Stella Kumpulan Pinjaman Syarikat
    (Stellagrouploancompany@gmail.com

    BalasHapus
  86. Jika Anda mencari untuk memulai usaha, memperluas, dapatkan tambahan modal kerja, investasi di real estate atau membeli bisnis kita memiliki jenis yang paling fleksibel dan kuat Pendanaan ada. Kami juga menawarkan semua jenis pinjaman.
      Hubungi kami hari ini melalui e-mail
    joycerolandloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  87. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  88. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  89. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  90. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  91. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  92. Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan

    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan

    masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk

    memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar

    tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit

    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email

    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com


    "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,

    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..


    Namamu: ______________________

    Alamat Anda: ____________________

    Negaramu: ____________________

    Tugas Anda: __________________

    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________

    Jangka waktu pinjaman: ____________________

    Pendapatan bulanan: __________________

    Nomor handphone: ________________

    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...


    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan

    hubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e - mail:

    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  93. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda membutuhkan Kredit Usaha, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Perumahan, Atau yang Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! perusahaan pinjaman Nicole Morgan kita terbatas dalam memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui nicolemorganloan@gmail.com

    Kami memberikan pinjaman mulai dari Jumlah minimum 5.000 untuk 500.000.000,00 pada mata uang berikut: Inggris Dolar Negara, Eropa dan Great British Pounds (GBP).

    DATA PEMOHON:

      1) Nama Lengkap:
      2) Negara:
      3) Alamat: a
      4) Negara:
      5) Sex:
      6) Status Pernikahan:
      7) Pekerjaan:
      8) Nomor Telepon:
      9) posisi Saat ini di tempat kerja:
      10) Pendapatan Bulanan:
      11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
      12) Durasi Pinjaman:
      13) Tujuan Pinjaman:
      14) Agama:
      15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
      16) Tanggal lahir:
    Mrs NICOLE MORGAN

    BalasHapus
  94. Jika Anda mencari untuk memulai usaha, memperluas, dapatkan tambahan modal kerja, investasi di real estate atau membeli bisnis kita memiliki jenis yang paling fleksibel dan kuat Pendanaan ada. Kami juga menawarkan semua jenis pinjaman.
      Hubungi kami hari ini melalui e-mail
    joycerolandloancompany@gmail.com

    BalasHapus

  95. Are you a business man or woman? Do you need funds to start up your own business? Do you need loan to settle your debt or pay off your bills or start a nice business,Buying a house or a car? "Investment Loan" deals ? We provide a debt consolidation loan, business loan, home refinancing loans, car loans, personal loans, and company loans at 2% interest per year. Are you in any financial mess or have you been rejected by banks and cheated? We offer the following kinds of loans and many more; €2000.00 Minimum up to a maximum of €900000 Payment Term

    (1-30 years) for payment, with World Class standard facilities and to make sure that the fund gets into your bank account in the next 48 hours, we offer the following. Our loans are well insured for maximum security is our priority. if interested, kindly Reply to us via email at aaminahrahmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  96. Hello semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, aku punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman. Aku baru saja pinjaman dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian Mrs Nuliana Novi Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari RP 700.000.000, saya diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 2% aku cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, di sini adalah email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya adalah scam. mungkin Tuhan memberkati Anda semua
    Terima kasih

    BalasHapus
  97. Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

    BalasHapus
  98. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasakan sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  99. Halo, saya bernama BAMBANG LARRY. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang, dan karena putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Aku hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal bernama HARTFORD FINANCIAL SERVICE yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp600.juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 1.5%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, menghubunginya via email nya: hartfordfinancialservice@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya burgerlarry22@gmail.com.
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya bulanan.

    BalasHapus
  100. Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

    BalasHapus
  101. Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

    BalasHapus
  102. KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!

    Saya Mrs. liza William pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda di utang? Anda membutuhkan bantuan keuangan, Anda ingin memulai bisnis baru ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui email: lizawilliamloanfirm@gmail.com Kami berjanji untuk memberikan kami yang terbaik...

    BalasHapus
  103. Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

    BalasHapus
  104. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat mengakhiri tahun dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kita . Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: mariasednerloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  105. Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

    BalasHapus
  106. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  107. Halo, nama saya Henny Silalahi, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah ditipu Rp250 juta karena saya membutuhkan pinjaman USD350,000 modal yang besar, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak bisa berdiri lagi. semua ini terjadi pada bulan November 2015, sampai aku bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Mei Tuhan terus memberkati Anda , saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat hanya mendaftar melalui ibu Maria melalui email perusahaan: morissceruloloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini hennysilalahi35@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya.

    BalasHapus
  108. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Kredit Investasi" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya perlu pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  109. Halo Setiap Satu, saya Mrs ahmed gloria dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova romania, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari menjadi miskin untuk seorang wanita kaya yang sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed jumlah rm5,200 saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit legit secara online yang tidak akan menambah rasa sakit saya, maka saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia mengatakan kepada saya tentang seorang wanita bernama Mrs Cahya Kirana yang merupakan CEO dari Cahya Kirana Badan kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (320,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat tentang transfer kredit saya hanya dibayar untuk Pendaftaran pinjaman saya dan dalam waktu kurang dari dua (2) hari pinjaman tersebut disetorkan ke bank saya. Jadi saya ingin saran salah satu yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: (cahya.creditfirm@gmail.com, Dia tidak tahu bahwa saya melakukan hal ini saya berdoa bahwa Tuhan akan memberkati dia dan farmily untuk hal-hal yang baik dia telah dilakukan dalam hidup saya dan banyak. Anda juga dapat menghubungi saya di ahmedgloria.2012@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah kontak teman saya terlalu kasihbambang2012@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada ibu cahya Anda juga dapat menghubungi dia ..

    BalasHapus
  110. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasakan sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  111. Halo Setiap Satu, saya Mrs ahmed gloria dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova romania, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari menjadi miskin untuk seorang wanita kaya yang sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed jumlah rm5,200 saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit legit secara online yang tidak akan menambah rasa sakit saya, maka saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia mengatakan kepada saya tentang seorang wanita bernama Mrs Cahya Kirana yang merupakan CEO dari Cahya Kirana Badan kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (320,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat tentang transfer kredit saya hanya dibayar untuk Pendaftaran pinjaman saya dan dalam waktu kurang dari dua (2) hari pinjaman tersebut disetorkan ke bank saya. Jadi saya ingin saran salah satu yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: (cahya.creditfirm@gmail.com, Dia tidak tahu bahwa saya melakukan hal ini saya berdoa bahwa Tuhan akan memberkati dia dan farmily untuk hal-hal yang baik dia telah dilakukan dalam hidup saya dan banyak. Anda juga dapat menghubungi saya di ahmedgloria.2012@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah kontak teman saya terlalu kasihbambang2012@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada ibu cahya Anda juga dapat menghubungi dia ..

    BalasHapus
  112. Halo Setiap Satu, saya Mr Mohammed Mizan Dari Indonesia tetapi saya tinggal di sini di São Paulo, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk geser kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari menjadi miskin untuk seorang wanita kaya yang sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed jumlah Rp25.juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit legit secara online yang tidak akan menambah rasa sakit saya, maka saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia mengatakan kepada saya tentang sebuah perusahaan pinjaman yang disebut HARTFORD FINANCAIL layanan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp800,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat tentang transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 4 jam, pinjaman diendapkan ke bank saya. Jadi saya ingin saran salah satu yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubunginya melalui email di .(hartfordfinancialservice@gmail.com) Dia tidak tahu bahwa saya melakukan hal ini saya berdoa bahwa Tuhan akan memberkatinya untuk hal yang baik yang telah dilakukan dalam hidup saya . Anda juga dapat menghubungi saya di vincentmizan@gmail.com untuk info lebih lanjut
    terima kasih dan Tuhan memberkati

    BalasHapus
  113. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  114. (Faithlovechrityloanfirm@gmail.com)

    Hello am Uskup Besar David pemberi pinjaman kredit yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman
    dalam syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000 euro dan pound saja. Aku memberikan pinjaman usaha,
    pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, kredit mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    perlu loana a
    Yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    Dalam: (faithlovechrityloanfirm@gmail.com)
    Tuhan memberkati Anda.
    Hormat kami,
    Uskup Besar David
    Email: (faithlovechrityloanfirm@gmail.com)

    Catatan: Semua respon harus dikirim ke 🙁 (faithlovechrityloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  115. Halo semua harap berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman dari sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9million masih saya tidak mendapatkan pinjaman, happend kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya yang saya akan memenuhi hak satu tapi saya tidak. Untuk Tuhan Kemuliaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke THE HARTFORD dari HARTFORD FINANCIAL SERVICE, saya diterapkan untuk 700 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi HARTFORD dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. email nya hartfordfinancialservice@gmail.com
    Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

    BalasHapus
  116. Halo,

    Di sini datang pinjaman terjangkau yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, saya Mrs Brian Chamber, pemberi pinjaman kredit disetujui, terakreditasi dan terdaftar di bawah pemberi pinjaman kredit kesatuan organisasi, menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam rendah bunga 2%.

    Im Mrs. Brian, akan membuat yang terbaik dari layanan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam transaksi ini karena Anda tidak dilahirkan untuk menjadi pecundang. hubungi kami hari ini via E-mail: brianchamberloancompany@gmail.com
    Layanan kami meliputi:

    * Pinjaman Pribadi
    * Pinjaman konsolidasi Dept
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Pendidikan
    * Ingkar janji
    * Pinjaman Dijamin
    * Pinjaman Tanpa Jaminan
    * Pinjaman hipotek
    * Pembayaran pinjaman
    * Siswa pinjaman
    * Kredit komersial
    * Pinjaman Auto
    * Pinjaman Investasi
    * Pinjaman Pembangunan
    * Dana Pinjaman
    * Pinjaman Konstruksi

    Silahkan mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah dan mengembalikannya kepada kami untuk kami melayani Anda lebih baik melalui e-mail:
    brianchamberloancompany@gmail.com

    FORMULIR APLIKASI:

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Status Pernikahan:
    6) Bekerja:
    7) Nomor telepon:
    8) berikutnya Kin:
    9) Pendapatan Bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman Perlu:
    11) Istilah pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal lahir:

    BalasHapus
  117. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  118. Saya ingin menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Mrs Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. pinjaman untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:
    (helenwilson719@gmail.com) Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya Anda dapat menghubungi kami hari ini.

    Jumlah maksimum yang meminjamkan adalah 600,000,000.00 berikut ini
    Mata uang: Dollar Amerika Serikat, Euro dan Pound Inggris

    BalasHapus
  119. Saya ingin menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Mrs Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. pinjaman untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:
    (helenwilson719@gmail.com) Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya Anda dapat menghubungi kami hari ini.

    Jumlah maksimum yang meminjamkan adalah 600,000,000.00 berikut ini
    Mata uang: Dollar Amerika Serikat, Euro dan Pound Inggris

    BalasHapus
  120. Baik baru untuk semua orang, direksi perusahaan pinjaman Anthony yuliana ketika memberikan pinjaman kepada semua pelamar sehingga harga kami dengan tingkat bunga 1% per tahun baru-baru ini bertemu dengan needs.All keuangan Anda kami butuhkan dari Anda adalah beberapa informasi tentang Anda jadi jika Anda tertarik. Tidak ada bentuk biaya, kurang stress.There adalah hari bayaran pinjaman fax online, cepat dan selalu tersedia solusi.
    Bad pinjaman kredit hari bayaran memungkinkan bagi Anda untuk memecahkan kewajiban keuangan kecil Anda seperti mengambil anjing Anda ke dokter hewan untuk pengobatan diperlukan. Bagian yang terbaik adalah Anda tidak perlu mengetuk pintu orang tua Anda untuk uang. dll Jika Anda perlu menunjukkan minat Anda, silahkan hubungi kami di portal kami / pelanggan ... anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  121. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang bersedia untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan keuangan, seperti bantuan finansial. Jadi, jika Anda akan melalui finansial masalah jika Anda memiliki situasi kerusuhan finansial dan Anda perlu dana untuk peluncuran komersial Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang atau membayar tagihan, peluncuran komersial yang bagus, atau Anda menemukan sulit mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email {Lucysmithloanfirm@gmail.com}
      "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Nama: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara: ____________________
    jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
    Pinjaman periode: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor telepon: ________________
    Apakah Anda memohon pinjaman sebelum: ________________

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan dan hubungi kami hari ini melalui e - mail: {Lucysmithloanfirm@gmail.com}

    BalasHapus
  122. Halo semua harap sangat berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9million masih saya tidak mendapatkan pinjaman, happend kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya yang saya akan memenuhi hak satu tapi saya tidak. Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke THE HARTFORD dari HARTFORD FINANCIAL SERVICE, saya diterapkan untuk 700 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi THE HARTFORD dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. email nya hartfordfinancialservice@gmail.com
    Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

    BalasHapus
  123. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Mencari lagi karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu !! kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, badan swasta dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail melalui: (georgelucy007@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama ...........................
    2) Negara .......................
    3) Alamat ......................
    4) Jenis Kelamin ........................
    5) Status perkawinan .............
    6) Pekerjaan ................
    7) Nomor Telepon ...........
    8) posisi di tempat kerja .....
    9) pendapatan bulanan ....................
    10) Jumlah Pinjaman .........
    11) durasi pinjaman .....
    12) Tujuan pinjaman ..................
    13) Tanggal Lahir ........................

    Terima kasih.

    BalasHapus
  124. Apakah Anda perlu 100% Loan? Saya dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 2%. apapun Anda situasi, wiraswasta, pensiunan, memiliki peringkat kredit yang buruk, kami dapat membantu. pembayaran yang fleksibel lebih 3 sampai 20 years.Contact kami di: mariaphilliploancompany@gmail.com

    1 Nama Lengkap: ............................
    2 Kontak Alamat: .......................
    3 Jumlah Pinjaman: ....................
    4. Durasi Pinjaman ...................
    5. Nomor Telepon Langsung: .................

    Salam,
    Ibu Maria

    BalasHapus
  125. jangan mengajukan pinjaman adalah situs, saya bodoh oleh banyak pemberi pinjaman palsu di situs ini, nama saya Lisa Teddy, korban penipuan di tangan kreditur palsu saya telah kehilangan sekitar Rm 55,000.00 karena saya butuh modal besar Rm 970.000 untuk membayar utang saya dan memulai bisnis lagi. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi pada bulan Juli 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, tegas Ny Aasimaha Adila Pinjaman dari kerajaan saudi, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman pada perusahaan pada tingkat 1% a ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan mungkin allah terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Aasimaha adila melalui email: (aasimahaadilaahmed .loanfirm@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (teddylisa2020@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan, silakan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya di asia, silakan Anda perlu tahu bahwa pemberi pinjaman palsu akan meminta Anda untuk membayar (biaya seperti pendaftaran, biaya pemindahan, biaya pajak, biaya asuransi dan administrasi biaya, mereka juga meminta ATM pin kartu silakan becareful.) yang saudi perusahaan ibu kerajaan tidak dikenakan biaya apapun, perusahaan muslim yang jujur ​​membantu orang di daerah saya sekarang adalah ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))terima kasih untuk membaca dan goodluck inshialla

    BalasHapus
  126. Halo semua,
    Nama saya nur syarah kota Bogor di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk menyenangkan hati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda keluar dari uang Anda , saya mengajukan pinjaman dari sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka meminta lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua wanita yang berbeda di Filipina, saya berharap saya akan bertemu dengan orang yang tepat, tapi saya tidak.

    Kemuliaan bagi Tuhan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja diterapkan pinjaman, dan ia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Margaret pedro, CEO Margaret perusahaan pinjaman pedro, dan saya diterapkan untuk 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya nasihat semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk kontak
    Mrs Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    sekali lagi terima kasih untuk semua membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  127. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  128. assalamalekum orang baik saya di Asia, Setiap mimpi besar dimulai dengan pemimpi. Selalu ingat, Anda memiliki dalam diri Anda kekuatan, kesabaran, dan semangat untuk meraih bintang-bintang untuk mengubah dunia, nama saya Mallam Afendi ali, warga Indonesia saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan allah yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman baik melalui Prof AASIMAHA Adila, setelah saya telah bodoh oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, saya membaca di jurnal bisnis bahwa saudi arabia perusahaan pinjaman muslim AASIMAHA Adila bantuan orang yang membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, jadi saya salin alamat email dan menulis untuk mengajukan satu miliar rupiah, pada tingkat bunga rendah dari 1%, untuk mengejutkan terbesar saya saya mendapat pinjaman saya di akun saya sangat mudah stres saya tahu sebagian besar dari Anda juga korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya, prof AASIMAHA Adila pINJAMAN FIRM hanya dihubungi hari ini melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail .com) karena saya mendapat pinjaman saya punya investasi saya di malaysia dan Indonesia untuk informasi lebih lanjut dan bukti pembayaran Anda dapat menghubungi me.affendiali84@gmail.com, jika Anda ingin kontak modal investasi besar perusahaan ibu muslim (aasimahaadilaahmed.loanfirm @ gmail.com)

    BalasHapus
  129. Apakah Anda perlu 100% Loan? Saya dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 2%. apapun Anda situasi, wiraswasta, pensiunan, memiliki peringkat kredit yang buruk, kami dapat membantu. pembayaran yang fleksibel lebih 3 sampai 20 years.Contact kami di: mariaphilliploancompany@gmail.com

    1 Nama Lengkap: ............................
    2 Kontak Alamat: .......................
    3 Jumlah Pinjaman: ....................
    4. Durasi Pinjaman ...................
    5. Nomor Telepon Langsung: .................

    Salam,
    Ibu Maria

    BalasHapus

 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com