Rabu, 03 Juli 2013

Recycled #3 : Tutup Botol Bekas

Posted by Nupinupi at 08.10
Reactions: 
Assalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak terasa, sebentar lagi bulan Ramadhan tiba. Semoga kita semua di beri umur panjang, sehingga bisa berjumpa dengan bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan tersebut, dalam keadaan sehat tentunya. Aaamin ^^

Sejak dulu, saya tertarik hal-hal yang berkaitan dengan recycle atau upcycle. Saya bahkan ingin mengembangkan usaha yang memanfaatkan sampah. Tapi, karena belum tahu harus memulai dari mana dan membuat apa, saya hanya mengumpulkan sampah dan rongsokan yang menurut saya menarik dan yakin suatu saat akan terpakai. Setelah sekian lama, akhirnya bisa terwujud. Ada kesempatan memikirkan dan berkreasi menggunakan "sampah-sampah" tersebut. Ternyata....lebih sulit memikirkan "sampah ini bisa menjadi apa?" daripada membuat sebuah desain baru, dengan material yang sepenuhnya baru. Jadi, jangan anggap remeh para seniman/crafter/pengusaha yang menggunakan "sampah" sebagai bahan bakunya ya (salut untuk mereka). Kalau sudah mendapat ide dan tercipta desainnya memang..selanjutnya lebih mudah. Tapi, ketika masih berupa barang mentah...mikirnya lama. Harus dipelototin juga... (itu cara saya sih...hehehehe). Meskipun lebih pusing daripada memikirkan desain paket belajar baru, tapi ternyata saya lebih menyukainya :)

Nah, sesuai dengan obrolan di atas...sudah bisa di tebak. Kali ini saya akan berbagi tutorial lagi (Harusnya selang-seling, tutorial, artikel, tutorial, artikel, dst. Ide tulisan sedang macet -_____- )

Kemarin, saya membuat boneka (celangan) dari botol. Sekarang, saya membuat kreasi dari tutup botolnya. Tutup botol apa saja, asal bulat. Ukurannya juga bebas. Polanya? Membuat sendiri dong, sangat mudah kok :)

Aneka tutup botol minuman dan tinta
1. Bahan yang kita perlukan hanya kain flanel, tutup botol bekas, dan karton kemasan.

Buat lingkaran yang diameternya lebih besar dari tutup botol di atas karton kemasan bekas. Potong lingkaran tersebut.
2. Potong flanel untuk melapisi tutup botol dan lingkaran karton.

Ukur tinggi tutup botol
dan jiplak lingkaran tutup botol.

JANGAN jiplak lingkaran tutup botol dengan posisi seperti di atas. Karena nanti hasilnya akan kekecilan.
Hasil jiplakan di atas kain flanel
 3. Mulai menjahit....
Balut tutup botol dengan kain flanel

Jahitnya menggunakan tusuk apa? BEBAS! Jahit menggunakan tusuk apa saja yang menurut teman-teman paling mudah dan paling mahir. Atau, di lem saja juga oke.

Jahit feston/tusuk lain/di lem.

Beri lem pada tutup botol. Masukkan pada kain flanel yang sudah di jahit.
Pada saat mempraktekkan cara tersebut, saya rasa ada sedikit kesalahan. Karena kain flanel yang sudah terkena lem, akan segera menempel pada tutup botol, sehingga sulit di geser pada posisi yang tepat. Cara selanjutnya saya mencoba memasukkan tutup botol pada kain flanel tanpa di lem. Baru setelah itu, saya beri lem pada pinggir tutup botolnya (mulut tutup botol). Hasilnya lebih rapi dan mudah.

Bagian tutup botol selesai...
4. Membalut lingkaran karton. 
Jiplak lingkaran karton di atas kain flanel sebanyak 2 buah. Potong...

Beri lem pada karton, tempelkan kain flanel pada sisi atas dan bawah kain flanel
 *Supaya kain flanel bisa di jahit tanpa menembus karton, saya potong sedikit lingkaran kartonnya, sehingga ukurannya lebih kecil beberapa mili di banding lingkaran flanelnya. 

Jahit feston sekeliling lingkaran. Tempelkan tutup botol tepat di tengah lingkaran. Sudah menyerupai bentuk topi kan?
5. Saatnya menghias.....
Siapkan bahan-bahan yang teman-teman miliki. Terutama pita. Pita satin adalah pita favorit saya, selain karena harganya murah, pita satin selalu bisa saya andalkan ketika menghias sesuatu, dan tampilannya yang mengkilap membuat barang menjadi tampak elegan ^^

Pita satin 1/8 inch, mutiara renteng, aplikasi bunga

Dua potong pita satin 1/8 inch. Satu untuk membalut sambungan antara tutup botol dan karton. Satu lagi untuk pita.

Cantik....





Contoh Pemakaian :
Aplikasi topi ini bisa kita jadikan bros, bando, karet rambut, jepit rambut, gantungan kunci, dll. Menarik kan? ^^ Hati-hati, ketagihan! Karena proses pembuatannya sangat cepat dan mengasyikkan, terutama pada saat menghias topinya...


Selamat berburu tutup botol... ;)



Salam,







Bahan-bahan kerajinan yang berkaitan dengan kreasi flanel dan paket belajar flanel, bisa Anda dapatkan di FB/Fanspage Paket Belajar Flanel.

CARA ORDER : Inbox/email/isi order form (di sidebar kanan)
1. Nama
2. Alamat lengkap
3. No. HP
4. Daftar belanja

Jam kerja (online) SENIN-JUMAT : 08.00 - 16.00 WIB
*Sabtu-minggu OFFLINE/LIBUR.








35 komentar:

  1. masyaAllah... selalu kagum sm karyanya mba prapti....

    BalasHapus
  2. bisa buat kegiatan murid2ku di bulan Ramadhan nih mba Prapti...
    makasi idenya...

    BalasHapus
  3. Nice idea n tutorial sist.. Thanx ych ilmunya.. :-)

    BalasHapus
  4. kreatif~cantik~menarik ... keren abiz
    tq ilmunya mba Prapti ... kebetulan aq punya banyak stok tutup sejenis ( iseng ngumpulin sp tw bs dibikin apaan gitu .. ) dn ternyata ... contekannya dapat dari sini horraaay :D
    ijin nyontek ya mba...

    BalasHapus
  5. mbaaaa prapti...inspiratif sekali yaaa,cantik, topi topi kecilnya , matur nuwun sharing nya yach.

    BalasHapus
  6. Kreatiiff banget.. Dari pertama kali ketemu blog ini selalu terkagum-kagum.. blog ini bener-bener menginspirasi saya untuk terus semangat belajar jadi crafter.. hehe.... salam kenal mb prapti...

    BalasHapus
  7. hallo semua.. :) terimakasih atas apresiasinya ya... Menyemangati saya di kala jenuh/badmood. Jadi kita impas... sy (dianggap) menginspirasi, teman-teman menyemangati, hehehehe ^^d Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

    BalasHapus
  8. lucu banget mba...izin copas ya mau coba buat :)

    BalasHapus
  9. Makasih lho mbak.. Udah ku coba.. Hihihi

    BalasHapus
  10. bagus banget, tutorialnya juga mudah untuk diikuti, saya mau tanya mbak, kalau lem itu yang bagus lem apa ya untuk kain flanel?

    Terima kasih

    BalasHapus
  11. Kereeeeeeeeeeeeeeeeennnnnn mba ^^
    aq ikutin yaaaa.... top..top..top

    BalasHapus
  12. Ih.....lucu bgt, perlu dicoba kayaknya sih gak susah. Siip...siip....mbak kasih jempol buat ide kreatifnya

    BalasHapus
  13. iya..ini sangat mudah membuatnya. silakan..dicoba..:)

    BalasHapus
  14. assalaamu'alaykum... stlh bca2 dsini jd tertarik bwt nyoba... ijin nyoba buat jg yh mbk... :)
    terimakasih.. :)

    BalasHapus
  15. Masya allah ....
    Cantiiik nyaa mbaak ...
    jadi pengen blajaar, buleh nyontek yaa mbaa
    inspiratif banget ... :)

    BalasHapus
  16. Bermanfaat banget nie sob infonya.
    Salam kreasi

    BalasHapus
  17. wwwwaaaaaaaaaw......... kreatif banget .... jadi tertarik.

    BalasHapus
  18. Cantik ℳвɑƙ ,sy dah buatnya...

    BalasHapus
  19. Makasiiih Mba....sangat bermanfaat

    BalasHapus
  20. Asik googling, nemu blog ini, Masha Allah cute banget kreasinya. kebetulan saya punya banyak tutup botol air mineral, bisa saya kreasiin nanti. many thankisss ya mba...
    salam kenal :)

    BalasHapus
  21. In addition to the prestige and breadth of the title, becoming
    a CPA can increase your yearly salary. With the righteous help
    of CPA Blaster you can execute the uploading process of
    your content in the most hassle free manner. Module 4:
    No cost Internet site readers Instruments: This module teaches you the way you may possibly generate visitors with
    your delivers totally free.

    Feel free to visit my weblog; ft. lauderdale cpa firms

    BalasHapus
  22. Whoa! This blog looks just like my old one! It's on a
    completely different subject but it has pretty much
    the same layout and design. Superb choice of colors!

    my site :: deer hunter 2014 cheats

    BalasHapus
  23. I don't even know the way I stopped up here, but I believed this post was
    once good. I don't realize who you're however certainly you're going to a well-known blogger in the
    event you aren't already. Cheers!

    Look into my webpage: repossessed cars for sale in ma (www.test10a.cziu.info)

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum wr wb,salam kenal mba, aq widya.Tertarik bgt dengan hal2 semacam ini.Pengen jga punya usaha yg berhubungan dgn recycle sesuatu yang sudah jadi "sampah" buat orang lain.mungkin aja bisa kerja bareng.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalamwrwb mb Widya... :) Ya monggo silakan :)

      Hapus
  25. terima kasih ya atas informasinya. blog ini membawa banyak inspirasi buat semakin kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah... Terimakasih atas kunjungannya mb Gita ^^

      Hapus
  26. Criatividade e tudo, parabéns!

    BalasHapus

 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com