Jumat, 26 Juli 2013

Memanfaatkan Perca Flanel

Posted by Nupinupi at 09.03
Reactions: 
 Tutorial time :)

Perca kain flanel tidak pernah basi untuk dibicarakan. Benar? Walaupun kreasinya tidak terlalu istimewa, tapi lumayan beda dengan lainnya...

Perca kain flanel

Mau di bikin apa?

Ganci atau ganpe....
Seperti biasa, mudah kok... ;)

Bahan & Alat :
1. Flanel perca
2. Gunting
3. Jarum
4. Benang
5. Ganci/ganpe
6. Karton/undangan bekas
7. Lem
8. Pita satin 1/8 atau tali


Let's begin....

1. Buku Gendut

Ini polanya... Ukuran dan jumlah. Mengenai ukuran...bisa disesuaikan kebutuhan. Tapi kalau jumlahnya, jika ingin seperti contoh, ya harus sama :)
Potongan pola (KLIK foto untuk memperbesar)

Susunannya seperti ini....
   Mulai dari cover buku
Cover depan, lembaran 1, lembaran 2
Lem sisi kiri tipis-tipis saja (sekedar nempel), satukan ketiga lembaran tersebut.
Tempelkan pita untuk mengaitkan ring ganci/ganpe di lembaran sisi kiri buku
Jahit feston sisi kiri, sisi atas, sisi kanan, dan sisi bawah buku
Tempelkan cover buku yang kita lem tadi pada sisi-sisi buku yang sudah di jahit
Cover depan sudah di lem dan di jahit feston, tinggal menutup bagian belakang. Jahit cover belakang...

Sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dakron.
Jadinya seperti ini...buku gendut... :)

 2. Buku Pelangi (Rainbow Book)

Ini lebih mudah lagi...

Potong perca flanel warna-warni, jumlah dan ukuran sesuai selera

Satukan lembaran-lembaran perca tersebut, lipat menjadi dua. Sudah terlihat penampakan bukunya kan?

Tapi kalau sekedar di lipat menjadi dua, karena kain flanel itu agak tebal, maka bagian pinggir akan seperti ini. Tidak rata....
 Jadi tekniknya (supaya rata)....

Lipat satu lembar dahulu (bagian tengah buku). Beri sedikit lem agar lipatannya permanen.

Lalu, lembaran kedua... Jangan lupa di beri lem di bagian tengah supaya lembaran satu dan lainnya menempel...  Gunting untuk meratakan lembaran yang lebih panjang. 
*Saya menjepitnya supaya lebih mudah menggunting rata bagian sisi.

Jangan lupa, tempelkan pita kecil/tali di tengah lembaran untuk mengaitkan ring ganci/ganpe

Lanjutkan menempel lembaran berikutnya..dan gunting untuk meratakan.



Jadinya seperti ini...


Siapkan gantungan kunci dan tali hp

Pasang tali hp atau gantungan kunci...
 Selesai... :)



Walaupun sederhana, saya rasa kreasi perca ini cukup pantas dijadikan souvenir ;)



Salam,

9 komentar:

  1. Mbak Prapti memang kreatif... :)

    BalasHapus
  2. Wah...! Keren bu. Makasih idenya kebetulan sisa kain perca flanel saya blm dibuang,bisa dipraktekan nih. :)

    BalasHapus
  3. Mantap.....mb....coba ahh...

    BalasHapus
  4. ini dia yang saia tunggu #joget2

    BalasHapus
  5. lucu banget mbak..coba ah..

    BalasHapus
  6. kalo di lihat dari caranya sih mudah juga yah

    BalasHapus
  7. Permisi ibu2 kreatif, saya mau tanya kalo beli kain flanel yg tebal dmn ya ? Tolong kasih tau infonya ke email ini clovisindo@gmail.com thank you.

    BalasHapus

 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com