Jumat, 27 September 2013

Membuat Cetakan Pita #2

Posted by Nupinupi at 20.25
Reactions: 
Alhamdulillah... Ada waktu untuk update blog, meskipun dengan tutorial sederhana :) 
Saya menemukan cara lain membuat cetakan pita yang lebih sederhana, tidak kalah murah tentunya. Hanya butuh kertas kardus yang tebal dan tusuk sate (bekas). Cara membuat pitanya sama dengan tutorial sebelumnya, Membuat Cetakan Pita 1. Yang belum membacanya, silakan di simak tutorial tersebut, supaya lebih jelas dengan tutorial terbaru ini...

1. Siapkan karton kardus yang tebal... Kardus elektronik biasanya tebal. Kalau kardus mie atau air minum kemasan biasanya tipis, kurang recomended . Ukurannya kecil saja atau sesuai kebutuhan.



2. Penampakan sisi kardus yang dibutuhkan seperti ini. Kardus tebal, lubang-lubangnya juga besar.



3. Ukur lebar pita yang diinginkan. Lalu beri tanda pada setiap titik tusuk sate yang akan ditancapkan. Jadi, lebar pita jadi di bagi 4, karena kita nanti akan menancapkan tusuk sate pada 4 titik.
Contoh : Lebar pita jadi total 12 cm. Masing-masing titik yang yang buat jaraknya 4 cm. Ternyata terlalu lebar untuk pita saya, hehehe. Jadi silakan buat ukuran sendiri ya, sesuai dengan lebar pita jadi yang kita butuhkan.



4. Nah..kita membutuhkan minimal 4 tusuk sate (bekas ok, beli baru boleh. Tersedia di swalayan). Tusuk sate ayam saja, yang kecil. Jangan tusuk sate kambing ya, terlalu besar... :) Bagaimana dengan lidi? Kurang sip, mudah melengkung. Tapi bisa di coba dengan merangkap beberapa lidi dan di isolasi. Semoga bisa masuk ke lubang-lubang kardus.



5. Tancapkan tusuk sate pada tanda yang sudah kita buat...



6. Seperti ini.... Mudah kok, dan kardusnya juga tidak robek. Tancapkan saja sampai ke bawah supaya kuat. Tusuk satenya bisa kita pindah-pindah. Jadi kita bisa membuat berbagai ukuran lebar pita dengan mudah. Tinggal ukur, pindah-pindah tusuknya... Paham? :)



7. Nah...penampakan jadi seperti ini...

tampak depan
tampak belakang

8. Kita mulai membuat pita... Caranya sama dengan tutorial Cetakan Pita 1. Silakan di simak...



















Oke.. Bisa ya? Cara membuat cetakan ini lebih mudah, mengganti-ganti ukurannya juga lebih enak. Kalau yang Cetakan Pita 1 kan harus membuat masing-masing ukuran satu cetakan. Tapi, setelah saya rasakan, lebih nyaman menggunakan cetakan pita 1... Silakan coba dan bandingkan... :)

Selamat berakhir pekan... ^o^



Salam,

6 komentar:

  1. wah.... makasih yaaa share-nya :) bermanfaat deh

    BalasHapus
  2. bener2 banyak akal ni mb Prapti, cakep bgt

    BalasHapus
  3. Vindy : siip ^^d
    Liha : eee..ini cuma hasil gugling kok mb Liha :P

    BalasHapus
  4. Belíssimo, muito prático, obrigado por nos ensinar!

    BalasHapus
  5. Belíssimo, muito prático, obrigado por nos ensinar!

    BalasHapus

 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com