Sabtu, 28 September 2013

Rit Meteran dan Kepala Rit Nikel

Posted by Nupinupi at 20.52
Reactions: 
0 comments Links to this post
Biasanya pakai resleting (rit) jadi, yang sudah ada ukurannya. Jadi barang yang akan kita buat juga harus menyesuaikan ukuran rit jadi tersebut. Kalau ukuran barang lebih kecil, sementara rit nya lebih panjang, harus di potong. Padahal, rit jadi sudah ada ukuran minimalnya. Kadang-kadang, pelanggan tanya ukuran rit yang lebih kecil lagi. Tentu saja tidak ada.. :) Nah, sekarang Paket Belajar Flanel menyediakan rit meteran dan kepala rit nikel. Jadi lebih hemat, karena bisa di potong sesuai kebutuhan. Dan harga lebih murah tentunya. Yang asik lagi, ada kepala rit berbagai bentuk, jadi dompet/tas buatan kita lebih menarik... ^^

kepala rit nikel
kepala rit nikel
kepala rit nikel
rit meteran, warna tersedia : merah, pink, kuning, bimud, hitam, putih

CARA MEMASANG :
1. Buka tautan rit. Pasang kepala rit di salah satu ujung rit..sedikit saja yang penting sejajar helai kanan dan kirinya. Harus sejajar ya, supaya panjang kanan kiri sama.

memasang kepala rit

2. Kalau sudah masuk...posisi helai rit kiri agak ditumpuk pada helai rit kanan/sebaliknya. Itu dilakukan, agar ketika kepala rit ditarik, kedua helai rit saling mengait. Kalau kepala rit di tarik tapi kedua helai rit tersebut tidak menyatu, ulangi lagi...






3. Kadang-kadang "di tengah jalan", ada yang tidak menyatu... Tidak perlu panik, cukup mundurkan kepala rit secara perlahan...tarik lagi ke depan perlahan-lahan. Ulangi lagi sampai berhasil.



Mungkin tidak sekali pasang langsung berhasil. Silakan diulang untuk memahami pola/ mendapat teknik yang paling oke. Hanya perlu pengulangan, sehingga kita hapal, pada posisi seperti apa pemasangan kepala rit menjadi mudah. Ok ? :)

Bahan-bahan tersebut bisa teman-teman dapatkan di FB Paket Belajar Flanel



Salam,

Jumat, 27 September 2013

Trimmer : Pemotong dan Pelipat Kertas Praktis

Posted by Nupinupi at 21.33
Reactions: 
24 comments Links to this post

Alat ini sudah lama saya miliki.. Sangat membantu, karena praktis dan hasilnya oke. Hanya saja, kalau mata pisaunya tumpul, saya belum tau, kemana belinya, hehehehehe....

Biasanya saya membuat potongan kertas dengan ukuran tertentu harus menggunakan penggaris dan alat tulis. Di ukur dulu panjang dan lebarnya, diberi tanda, di garis...baru di potong menggunakan gunting atau cutter. Tapi dengan trimmer, saya tidak membutuhkan penggaris, pensil, gunting atau cutter. Cukup satu alat ini, acara potong memotong kertas berlangsung ringkas. Melipat kertas juga asik, dijamin sesuai ukuran dan tidak miring. Kalau anda penggemar scrapbook...pasti alat ini sangat membantu.
Sudah ada penggarisnya
Penggaris untuk mengukur panjang kertas yang kita inginkan...














Mata pisaunya ada 2, cutting = untuk memotong, scoring = untuk membuat garis lipatan

Hasil lipatan menggunakan bantuan scoring





Jika ada yang berminat, silakan kunjungi FB Paket Belajar Flanel. Tapi alat ini tidak ready stock, PO maksimal 2 minggu. Harga IDR. 200.000. Dan...yang paling penting, kami belum menyediakan mata pisau cutting nya kalau tumpul. Catat! ^^


Salam,

Membuat Cetakan Pita #2

Posted by Nupinupi at 20.25
Reactions: 
6 comments Links to this post
Alhamdulillah... Ada waktu untuk update blog, meskipun dengan tutorial sederhana :) 
Saya menemukan cara lain membuat cetakan pita yang lebih sederhana, tidak kalah murah tentunya. Hanya butuh kertas kardus yang tebal dan tusuk sate (bekas). Cara membuat pitanya sama dengan tutorial sebelumnya, Membuat Cetakan Pita 1. Yang belum membacanya, silakan di simak tutorial tersebut, supaya lebih jelas dengan tutorial terbaru ini...

1. Siapkan karton kardus yang tebal... Kardus elektronik biasanya tebal. Kalau kardus mie atau air minum kemasan biasanya tipis, kurang recomended . Ukurannya kecil saja atau sesuai kebutuhan.



2. Penampakan sisi kardus yang dibutuhkan seperti ini. Kardus tebal, lubang-lubangnya juga besar.



3. Ukur lebar pita yang diinginkan. Lalu beri tanda pada setiap titik tusuk sate yang akan ditancapkan. Jadi, lebar pita jadi di bagi 4, karena kita nanti akan menancapkan tusuk sate pada 4 titik.
Contoh : Lebar pita jadi total 12 cm. Masing-masing titik yang yang buat jaraknya 4 cm. Ternyata terlalu lebar untuk pita saya, hehehe. Jadi silakan buat ukuran sendiri ya, sesuai dengan lebar pita jadi yang kita butuhkan.



4. Nah..kita membutuhkan minimal 4 tusuk sate (bekas ok, beli baru boleh. Tersedia di swalayan). Tusuk sate ayam saja, yang kecil. Jangan tusuk sate kambing ya, terlalu besar... :) Bagaimana dengan lidi? Kurang sip, mudah melengkung. Tapi bisa di coba dengan merangkap beberapa lidi dan di isolasi. Semoga bisa masuk ke lubang-lubang kardus.



5. Tancapkan tusuk sate pada tanda yang sudah kita buat...



6. Seperti ini.... Mudah kok, dan kardusnya juga tidak robek. Tancapkan saja sampai ke bawah supaya kuat. Tusuk satenya bisa kita pindah-pindah. Jadi kita bisa membuat berbagai ukuran lebar pita dengan mudah. Tinggal ukur, pindah-pindah tusuknya... Paham? :)



7. Nah...penampakan jadi seperti ini...

tampak depan
tampak belakang

8. Kita mulai membuat pita... Caranya sama dengan tutorial Cetakan Pita 1. Silakan di simak...



















Oke.. Bisa ya? Cara membuat cetakan ini lebih mudah, mengganti-ganti ukurannya juga lebih enak. Kalau yang Cetakan Pita 1 kan harus membuat masing-masing ukuran satu cetakan. Tapi, setelah saya rasakan, lebih nyaman menggunakan cetakan pita 1... Silakan coba dan bandingkan... :)

Selamat berakhir pekan... ^o^



Salam,

Jumat, 13 September 2013

Membuat Cetakan Pita #1

Posted by Nupinupi at 22.22
Reactions: 
11 comments Links to this post
Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Sebelum saya membagikan tutorial, saya akan sedikit "curhat" tentang hidup saya yang dua minggu terakhir ini berubah total, dan berlangsung entah sampai kapan.

Bisa dipastikan,jadwal posting di blog ini akan morat-marit. Sekarang saya punya kewajiban lain yang tidak bisa saya tinggalkan. Merawat bapak mertua yang sakit (kanker) sendiri, karena suami saya bekerja di kota lain, dan saudara dekat tidak ada. Kegiatan utama saya sekarang adalah menginap dari rumah sakit satu ke rumah sakit lain. Jadi, mohon dimaklumi, jika untuk beberapa waktu ke depan...blog Nupinupi jarang update. Mohon doa dari teman-teman semua, kami bisa melalui ini semua dengan baik :)

Sebenarnya, jika tidak ada halangan ini..Nupinupi akan mengadakan banyak program. Bulan September ini insyaallah Nupinupi berulangtahun yang ke-4. Sudah saya rencanakan untuk mengadakan giveaway dan acara menarik lainnya. Tapi, ternyata Alloh berkehendak lain. Ya sudah, saya "selesaikan" dulu ujian saya... Nanti kalau semua sudah "selesai"...insyaallah acara itu akan saya lanjutkan. Mohon doanya ya :)

*Konfirmasi mengenai orderan/transfer, mohon melalui FB Paket Belajar Flanel atau sms ke nomor yang saya sebutkan di atas. Karena saya akan jarang membuka blog ini untuk sementara waktu.

Meskipun demikian, OS Paket Belajar Flanel tetap buka dan berjalan lancar. Asisten-asisten saya yang menangani OS tersebut. Jadi, yang ingin belanja bahan atau paket belajar, masih terbuka lebar. Kami juga membuka line sms untuk order. 082 322 800 111. Dengan format : nama, alamat lengkap, no.hp aktif, daftar belanja. Jika daftar orderan banyak, mohon mengirimkannya melalui inbox/email saja (dengan format yang sama) untuk meminimalisir kesalahan rekap. HP hanya aktif di jam kerja (08.00 - 16.00). Sms only yaa.. Terimakasih :)

Tutorial kali ini, saya akan share cara mudah membuat pita. Lebih tepatnya menyimpul pita. Dengan cara ini, kita bisa membuat pita dengan ukuran seragam dan cepat.

Pita-pitanya seperti ini..
Saya yakin, semua orang bisa dengan mudah membuat pita-pita seperti foto di atas. Saya hanya share cara yang lebih mudah dan cepat. Sehingga, bagi crafter yang suka "menimbun" pita untuk hiasan kreasi-kreasinya..bisa membuat dengan lebih cepat dan ukuran seragam. Karena, saya pribadi memang menjadikan pita sebagai andalan hiasan-hiasan kreasi saya. Bisa dilihat, sebagian besar kreasi saya berpita... ^^v

Yuk kita mulai...

1. Siapkan kertas tebal. Bisa kertas bekas undangan atau cover buku. Sebaiknya jangan yang terlalu tebal dan kaku. Tebal dan agak lentur akan lebih nyaman digunakan.

Siapkan kertas tebal dan sampel pita berbagai ukuran lebar

2. Buat template/cetakan pita berbentuk U. Masalah ukuran, itu sesuai dengan lebar pita yang kita inginkan. Jadi, ukuran cetakan tersebut sepenuhnya sesuai kebutuhan kita... 

Saya membuat cetakan untuk pita yang lebarnya 1 cm, 2.5 cm, dan 7 cm. Cetakan yang paling kecil untuk pita selebar 1 cm.
Ini cetakan yang saya buat.
 3. Garis A adalah lebar pita jadi yang kita inginkan. Garis B panjangnya terserah kita (menyesuaikan lebar pita).
Garis B jangan sampai terlalu pendek. Akan lebih nyaman kalau agak panjang. Sehingga kita lebih leluasa mengikat pitanya.
Garis C, garis A di bagi dua dengan lebar sama.
Garis D, lebar sesuai selera dan tidak berpengaruh terhadap bentuk/ukuran pita. Jangan terlalu sempit. 

CONTOH : Saya membuat cetakan untuk pita yang lebarnya 7 cm dan lebar pita jadi adalah 12 cm. Maka saya membuat cetakannya dengan panjang garis A 12 cm, panjang garis B tentu saja harus lebih dari 7 cm (lebar pita) ---- saya buat 15 cm. Garis C masing-masing 5,5 cm. Jadi garis D lebarnya 1 cm (boleh lebih)


4. Cara pemakaian.
Untuk bentuk-bentuk pita biasa, tidak perlu saya jelaskan pasti sudah bisa dipahami oleh teman-teman melalui foto. Bagian tengah foto bisa kita ikat menggunakan benang atau pita atau tali. Sesuai selera.



5. Cara membuat pita bentuk lain.
Silakan bereksperimen dengan membuat beberapa kali ikatan pada cetakan. Sehingga kita bisa membuat pita bentuk lain.
Karena menggunakan pita kecil, jadi kurang terlihat banyaknya lengkungan pita.

Selain menggunakan cetakan kertas, kita juga bisa menggunakan garpu. Tapi ini hanya bisa kita gunakan untuk membuat pita kecil.


Semoga bermanfaat :)


Salam,
 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com