Rabu, 20 Agustus 2014

Recycled # 13 : Milk Carton Wallet

Posted by Nupinupi at 04.57
Reactions: 
Ide tidak pernah habis, ketika kita terus menggalinya. Ide tidak seperti sumber daya alam, yang semakin dikeruk semakin menipis. Ide justru semakin subur ketika kita rajin mengeruknya. Coba saja... (:

Teman-teman tahu susu UHT kemasan kotak kan ya? Atau jus kemasan kotak juga ada. Kreasi sampah kali ini memanfaatkan kotak kemasan susu/jus tersebut. 


Menjadi apa? Dompet! Seperti biasa, proses pembuatannya mudah, bahannya pun murah. Yuk mariii...

Bahan :
1. Kotak bekas kemasan susu/jus 1000 ml
2. Kain katun/kain spunbond/kain flanel
3. Aplikasi/hiasan
4. Velcro/perekat

Alat :
1. Gunting
2. Lem tembak
3. Lem putih (lem uhu juga boleh)
4. Kipas angin/sinar matahari....


1. Nah... Siapkan kotak bekas kemasan susu/ jus 1000 ml. Harus yang 1000 ml, kalau yang lebih kecil, susah dilipat karena kekecilan. Dan haruskah kotak kemasan susu/jus? Saya sarankan iya, karena kotak kemasan susu/jus ini lentur meskipun tebal. Jadi tidak mudah robek/pecah ketika di lipat-lipat. Bisa juga memakai karton/kemasan makanan lain, tapi yang agak tipis ya ^^


2. Buka lipatan atas dan bawah kotak kemasan. Matikan garis sisinya dengan bantuan gagang gunting.



3. Potong sisi atas dan bawah kotak. Potong sesuai garis bekas lipatannya.


4. Hasilnya seperti ini...


5. Perhatikan! Pastikan bagian sambungan kemasan ada di atas atau bagian depan... Lihat tanda panah. Jangan sampai salah.


6. Lipat seperti gambar di bawah. Matikan garisnya dengan gagang gunting.


7. Lipat menjadi 3 bagian...


Ingat ya, pastikan sambungan kemasan ada di bagian atas.

8.Potong...


9. Buka sambungan kemasan


10. Buka dan ratakan kemasan


11. Siapkan kain pelapis dompet. Silakan gunakan kain apa saja, yang tidak terlalu tebal. Saya menggunakan kain katun.


12. Letakkan kemasan di atas kain


13. Bubuhkan lem putih secara merata di seluruh permukaan luar kemasan. Memakai lem uhu juga bisa (banget), tapi kan boros....karena harganya lebih mahal ;)

Potong kain flanel mengelilingi karton kemasan, lebihkan 2 cm. Kecuali bagian atas...lebihkan banyak, untuk menutup seluruh permukaan dalamnya.


Gunakan kipas angin untuk mempercepat pengeringan lem atau diangin-angin beberapa waktu. Karena jika belum kering sudah dilipat-lipat, kainnya akan basah karena lem dan hasilnya kurang bagus.

14. Kalau sudah kering lem-nya, kembalikan lipatan kemasan seperti semula. Lem kembali sambungan kemasan.




15. Beri lem dan lekatkan bagian tengah...


16. Hampir selesai....  Tempelkan velcro/perekat.



17. Selesaiii....


Kita bisa menghias bagian depan dompet dengan berbagai macam aplikasi atau pita. Saya juga mencoba menggunakan gesper plastik.




Untuk souvenir, cantik juga ya ^^. Yang pasti, murmer laah....
Bagimana? Saya tunggu komentarnya :)




Salam,



# Butuh bahan dan alat kerajinan?  Silakan kunjungi Pages Paket Belajar Flanel. Buka-buka albumnya untuk melihat koleksi bahan dan alat kami. Mau order? Mudah. Tinggal pilih, mau inbox Facebook, kirim email, pesan singkat (sms), atau bbm (: Kami hanya online di jam kerja (08.00-16.00)
Ini kontak kami :
Fanspage : Paket Belajar Flanel
Email : nupi.felt@gmail.com
Sms (only) : 082 322 800 111
Bbm : 769BC26D

Oh iya, kami sedang ada PROMO.
1. Promo Lebaran (ditutup tanggal 31 Agustus 2014). Buruan cek Album Promo Lebaran.
2. Promo hadiah dan diskon untuk minimal belanja tertentu (tidak termasuk ongkos kirim)
Belanja minimal Rp. 300.000, mendapat hadiah dompet cantik serbaguna
Belanja minimal Rp. 400.000 mendapat hadiah dompet zipper ketupat unyu
Belanja minimal Rp. 500.000 mendapat diskon 5%
Belanja minimal Rp. 1.000.000 mendapat clutchbag elegan (tas buat kondangan)



Kreasi minggu depan, Inshaallah...








27 komentar:

  1. aku sekitar seminggu yang lalu buat dompet seperti itu mba, tapi dari wadah buavita. Setelah jadi hasil dalamnya gak rapih, soalnya gak ketutup kain juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb, sama.... sy juga tidak melapisi bagian dalamnya,heee

      Hapus
  2. Bagus mbak! Jadi pengen bikin juga :D

    BalasHapus
  3. yesi amalia sari20 Agustus 2014 16.47

    Keyeeeeeeennnn. Mks ya mbak udh sharing. Kl blh, tutor kotisnya dong, yg versi tempel dan yg bs d copot/versi jahit. Mks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inshaallah.. terimakasih masukannya :)

      Hapus
  4. Sukaaaaa sekali dengan tutorial-tutorialnya mbak prapti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih :) Saya tunggu masukan ide kreasinya ya

      Hapus
  5. bagus banget, mbak prapti! selalu suka dengan ide2 recyclenya! ^^
    pas udah jadi, ga keliatan kalo sebenernya dalemnya dari kotak susu ^^

    BalasHapus
  6. Bekas susunya gak dicuci dulu mbak?- ella

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. aaargh, saya sakit hati (?) karena dikirain bakal ada proses jahit-menjahit. ternyata cuma dilem doang. bookmarked dan bakal dicoba suatu saat nanti ^3^
    (ngubekin tempat sampah nyari bekas kemasan susu kotak)

    BalasHapus
    Balasan
    1. laaah.... diajarin praktis lho, hahahaha. Beli doong...trs nanti kalo sdh habis susunya, pura2..."eeh, ada kemasan susu bekas. Sayang di buang. Bikin apa yaaa...?" *ROTFL* Makasih kunjungannya, Yukina ^^d

      Hapus
  9. keyeeeeeeeenn...suka suka mba...mu nyoba ah..kebetulan saya dan keluarga konsumsi susu ini tp klo abis selalu dibuang..sayang kan..skrg bisa dibikin dompet cantik...makasiii mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip..siip. kalo dah banyak bisa dijual buat souvenir ^^

      Hapus
  10. Alhamdulillah ada kemasan susu yg blom abis... lngsung tuang z biar cpt.. makasih y mb .. (atik)

    BalasHapus
  11. Masyaa Alloh,, keren banget mbak :)

    BalasHapus
  12. oalah... ide mba nupi itu selalu diluar bayangan. terimakasih banyak mba :)

    BalasHapus
  13. Mba, velcronya beli dmn ya?
    Dini

    BalasHapus
  14. mbak kalau buat yang lebih besar gimana carannya?

    BalasHapus
  15. saya tiap harinya buang 2karton susu ultra 1 liter gg tau.klo bisa di gunakan buat kreasi..dan hasil nya bagus .. yg mau bisa sms biar saya kumpulin..

    BalasHapus
  16. saya tiap harinya buang 2karton susu ultra 1 liter gg tau.klo bisa di gunakan buat kreasi..dan hasil nya bagus .. yg mau bisa sms biar saya kumpulin..

    BalasHapus
  17. Keren mba.... Dari kemarin mikir mikir enaknya diapain ini kardus bekas susu uht. Akhirnya browsing ketemu blog mba prapti. Makasih inspirasinya. Salam kenal mba

    BalasHapus

 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com