Rabu, 24 Juni 2015

TIPS MENGGUNTING KAIN

Posted by Nupinupi at 09.04
Reactions: 
Nupinupi, bagaimana cara menggunting kain (flanel) supaya rapi/lurus?


menggunting, memotong, kain, flanel, tips



Assalamu'alaikum Wr.Wb..

Shaumnya lancar teman-teman? Alhamdulillah... ^^ Eh, coba perhatikan! Ada yang baru lhoo... Perhatikan baik-baik, ada yang beda dan baru. 

Ayolaaah.. saya mau pamer ini. Lihat watermark foto-foto saya... (meringis). Bagus kan? hehehehehe. Terimakasih kepada Ira Queenara Handmade, yang (selalu)  berhasil menerjemahkan ide absurd di kepala saya dan mewujudkannya menjadi logo imut dan "gue bangetttt"... ^^


logo nupinupi

logo nupinupi

logo nupinupi

Gimana..gimana icon nupinupi barunya? Saya tunggu komentarnya ya... ^^

Oke, langsung ke topik. Saya sudah sering membahas cara menggunting kain, terutama flanel. Tapi memang tidak secara khusus. Kali ini saya share secara eksklusif mengenai cara menggunting kain flanel.

Kesulitan yang sering dihadapi adalah hasil guntingan tidak rapi atau tidak  lurus. Dan setelah putus asa mencoba, berujung pada dugaan "mungkin dia lelah  pakai alat khusus supaya hasil guntingannya bisa rapi seperti di pres"... 

Iya, memang ada alat khusus. 
1. Laser cutting. 
Hasilnya emezing dan cepat. Tapi ongkosnya...mihil (>.<)

gambar di ambil dari sini
2. Die Cutting Machine
Saya memimpikan alat ini sejak lama... Yang populer adalah Sizzix Die Cutting Machine. Selain untuk die cut, bisa juga untuk embos. Asik ya... ^^ Varian mesinnya banyak, silakan lihat di Sizzix.com. Saya sarankan untuk menyiapkan handuk kecil atau saputangan. Karena selain kalap, dipastikan juga ngiler. Hahahahaha. Pucing pala barbie kalau masuk ke web Sizzix (>_<)

Sizzix Big Shot

AccuQuilt GO! Baby Fabric Cutter

Saya kepincut yang GO! Baby. Harganya Rp. 5 jutaan. (Hmmmm....sudah kuduga. Harganya mahal) Hahahahaha, disamarkan saja  juta-nya supaya tidak terlalu putus asa. 

Jadi, sampai sekarang saya hanya memakai gunting untuk memotong ribuan pola kain flanel. Alhamdulillah, meskipun sudah bertahun-tahun saya melakukan ritual gunting menggunting kain flanel, tangan saya hanya kapalan. Keluhan berat lainnya tidak ada, ehee.

A. Di mulai dengan cara memegang gunting ya... 
Cara memegang gunting yang aman dan nyaman seperti ini...menurut saya.




B. Cara menggunting

Cara menggunting kain yang lebar supaya hasil guntingan lurus bagaimana?
Hamparkan kain di meja/bidang datar. Perhatikan seratnya. Akan lebih mudah menggunting mengikuti alur serat kain. Kita (seolah) melihat sebuah garis lurus. Gunting sesuai garis lurus (ilusi) tersebut. Biasanya kalau memotong mengikuti serat kain, hasilnya (lebih) lurus. Tapi jika terpaksa tidak searah serat kain, buat garis bantu tipis  di atas kain, baru kemudian di potong. Gunakan gunting besar untuk memotong kain yang lebar. 





Cara menggunting kain kecil-kecil/pola supaya rapi bagaimana?
Ada 3 tahap menggunting pola :
1. Gunting dulu pola menjadi potongan terpisah






2. Gunting sesuai garis pola
Gunting kain tanpa jeda, putar/gerakkan kainnya mengikuti potongan gunting...bukan guntingnya yang bergerak mengikuti garis pola. Hasilnya akan lurus dan tidak seperti gigi gergaji. Gunakan gunting kecil untuk memotong pola.




Cara menggunting bagian yang bersudut





Cara menggunting bagian tengah kain
Potong rapi bagian luar terlebih dahulu. Baru eksekusi bagian tengah. 




Ada 2 teknik menggunting bagian tengah kain :
- Kalau bentuknya simetris, lipat menjadi 2, potong. 





- Kalau bentuknya asimetris (tidak beraturan), tusuk/lubangi bagian tengah...gunting sesuai garis pola.





3. Gunting lagi untuk merapikan/menghaluskan bentuk dan menghilangkan tinta bekas gambar pola

Hasil guntingan kedua/belum dihaluskan.


Lihat...masih tersisa bekas tinta gambar pola...



Miringkan gunting untuk memotong sedikit bagian yang bertinta. Sambil menghaluskan bagian guntingan yang belum rata

Done! Bersih dan rapi.

Cara menggunting pola menggunakan gunting zig-zag dan atau gunting gelombang





Sudah mengikuti teknik di atas tapi hasil guntingan masih belum rapi? Teruslah berlatih kawan ^^. Menggunting rapi juga merupakan skill, butuh jam terbang. Jadi, bersemangatlah untuk terus latihan. Dan satu lagi, pastikan guntingnya tajam. Karena, percuma mengikuti tips di atas kalau guntingnya tumpul.

Oh iya, Nupinupi sedang promo lhoo.. Ada diskon hingga 50%. Yuk segera meluncur ke Paket Belajar Flanel untuk keterangan lebih lanjut. Atau, sila tanya ke admin melalui sms 082 322 800 111. Pin bbm 769BC26D. Waktu promo terbatas yaa... 



Wassalamu'alaikum Wr.Wb


6 komentar:

  1. Aku penasaran, gimana tekniknya membuat tutorial praktek sambil foto kaya begitu sih? Kapan-kapan share dunk, soalnya bagus banget hasil jepretannya. Dan tangan dua-duanya dipakai. Apa ada orang ketiga? Atau pakai tripod?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus! dapet pencerahan materi postingan ^^. makasih. Pake tripod dan timer, Vindy... Kadang orang ketiga, kalau pas temen fotografer lagi maen...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sama-sama.. Ditunggu mampirnya kembali mb Reza ;)

      Hapus
  3. bener2 harus teliti bgt yaa, klo kurang teliti bisa gak rapih kain nya

    BalasHapus

 

nupi-nupi Copyright © 2012 Design by cutelittleowl.com